Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harimau yang Terkam Seorang Pria di Riau Diperkirakan Sudah Dewasa

Kompas.com - 27/08/2019, 15:09 WIB
Idon Tanjung,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) memangsa manusia di kawasan hutan di Dusun Sinar Danau, Desa Tanjung Simpang, Kecamatan Pelangiran, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau.

Korban, yakni seorang pria bernama Darmawan alias Nang (36) warga asal Dusun 3 Batu Ampar, Kecamatan Sira Pulau Padang, Kabupaten Ogan Komiring Ilir, Sumatera Selatan (Sumsel).

Korban ditemukan tewas mengenaskan dengan kaki kiri dan tangan kanan tinggal tulang.

Baca juga: Begini Cerita Seorang Pria Diterkam Harimau Sumatera hingga Tewas Mengenaskan

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono mengatakan, lokasi kejadian merupakan lanskap kawasan hutan Suaka Margasatwa (SM) Karumutan, salah satu habitat harimau sumatera yang ada di Provinsi Riau.

"Di sana ada individu dewasa yang diidentifikasi lebih dari dua ekor. Kita  tidak akan menyebutkan berapa jumlah dan sebagainya. Tapi, yang jelas bahwasanya di sana masih ada beberapa ekor harimau sumatera yang dewasa," ungkap Suharyono kepada Kompas.com, Selasa (27/8/2019).

Dia mengatakan, korban diterkam saat mandi di sumur yang berjarak sekitar 30 meter dari pondok yang ditempati korban di hutan.

Lokasi kejadian, sebut Suharyono, berdasarkan informasi sementara termasuk dalam kawasan hutan konsesi PT Bhara Induk.

"Tapi hal ini tentunya perlu kami konfirmasi kembali setelah kami mendapatkan data yang valid tentang titik koordinat TKP (tempat kejadian perkara)," sambungnya.

Namun Suharyono mengaku, sejauh ini belum diketahui aktivitas yang dilakukan korban di dalam hutan tersebut.

"Belum kita ketahui, apakah sedang melakukan aktivitas-aktivitas yang sesuai aturan ataupun yang bersangkutan (korban) sedang melakukan aktivitas yang tidak sesuai dengan ketentuan hukum. Sejauh ini masih kami dalami," terang Suharyono.

Di luar dari semua itu, pihaknya mengaku turut prihatin terjadinya korban lagi dari harimau sumatera tersebut.

Untuk saat ini, kata Suharyono, dalam penanganan konflik satwa dengan manusia, pihaknya berkoordinasi dengan kepolisian dan aparat desa setempat.

Diberitakan sebelumnya, harimau sumatera menerkam seorang pria, Darmawan alias Nang (36) di kawasan hutan di Dusun Sinar Danau, Desa Tanjung Simpang, Kecamatan Pelangiran, Inhil, Riau. Korban ditemukan tewas mengenaskan.

Baca juga: Seorang Pria Tewas Mengenaskan Diterkam Harimau

Korban diduga diterkam pada Minggu (25/8/2019) dan ditemukan pada Senin (26/8/2019) pagi, setelah dilakukan pencarian oleh warga setempat.

Saat ditemukan, korban ditemukan tewas dengan kaki kiri dan tangan kanan tinggal tulang, karena dimakan harimau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com