Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Bogor Resmi Punya Mal Pelayanan Publik, Pertama di Jawa Barat

Kompas.com - 26/08/2019, 18:10 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafrudin meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) di Lippo Plaza Kebun Raya, Bogor, Jawa Barat, Senin (26/8/2019).

Syafrudin mengatakan, layanan publik yang berada di dalam mal ini merupakan program negara yang bertujuan untuk memberikan akses kemudahan kepada masyarakat.

Syafrudin menyebut, Mal Pelayanan Publik yang baru saja diresmikan di Kota Bogor ini adalah yang pertama di Jawa Barat. 

Baca juga: Banyumas Luncurkan Mal Pelayanan Publik

 

Ia berharap, Kota Bogor bisa menjadi pilot project untuk daerah-daerah lain yang akan mengembangkan hal serupa.

"Alhamdulillah, Mal Pelayanan Publik Kota Bogor ini yang pertama di Jawa Barat. Saya tidak tahu kenapa Bandung tidak jadi yang pertama, saya nggak tahu. Mungkin karena Kota Bogor dekat dengan Jakarta atau memang wali kotanya yang agresif," kata Syafrudin.

Dirinya menambahkan, dalam lima tahun terakhir, pemerintah terus melakukan inovasi pelayanan publik. Kata Syafrudin, saat ini ada 17 Mal Pelayanan Publik yang sudah diresmikan oleh pemerintah.

Menurutnya, Mal Pelayanan Publik ini diharapkan dapat mengakomodasi kebutuhan masyarakat yang terintegrasi dalam satu tempat.

"Tahun ini sudah ada 17 Mal Pelayanan Publik se-Indonesia. Tahun depan akan dibangun 35 Mal Pelayanan Publik lagi, jadi jumlahnya nanti 52. Dan, hanya Bogor yang menggunakan sistem aplikasi," ucapnya.

"Saya harap ini bisa dicontoh oleh wilayah lain. Mal Pelayanan Publik ini memang mendesak, ini berkaitan dengan masyarakat yang selama ini terlayani," sambung dia.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, ada 145 layanan dari 14 instansi yang disediakan untuk memudahkan warga Kota Bogor dalam mengurus berbagai hal, di antaranya pengurusan pajak kendaraan, paspor, perizinan, perbankan, BPJS, administrasi kependudukan, mengurus berkas di kejaksaan, hingga pengurusan KUA.

Baca juga: Pemkot Bogor Siapkan Program Mal Pelayanan Publik

Bima menuturkan, selain mengedepankan teknologi, MPP Kota Bogor juga menjamin layanan cepat satu hari jadi.

"MPP Kota Bogor mengedepankan teknologi informasi dan komunikasi. Ini juga ikhtiar untuk ikut serta dalam gerbong reformasi birokrasi yang transparan dan real time. Kami berupaya agar MPP ini tidak sekadar melayani tetapi juga memudahkan masyarakat," kata Bima.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com