Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Si "Black", Sapi Kurban 1 Ton yang Dibeli Jokowi Seharga Rp 100 Juta, Rajin Diberi Obat Cacing

Kompas.com - 09/08/2019, 18:46 WIB
David Oliver Purba

Editor

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Si "Black", sapi kurban seberat satu ton yang dibeli Presiden Jokowi seharga Rp 100 juta, diberi perawatan intensif oleh pemilliknya, Sulistiyo Hadi, peternak asal Dusun Salam, Desa Wukirsari, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman.

Sulistiyo mengatakan, sapi itu sudah dipelihara sejak tiga tahun lalu.

Selama ini dirinya selalu memperhatikan asupan makanan dan gizi dari sapi peliharaannya, termasuk memberikan vitamin untuk si Black.

Sulistiyo biasa memberi makan sapinya ketela, ampas tahu, bekatul, dan folat. Sapi juga diberi obat cacing agar sehat dan pertumbuhannya maksimal.

"Ya senang, sudah dibeli Pak Presiden. Menjadi kebanggan tersendiri bagi saya. Dibeli Rp 100 juta, dulu awal saya beli Rp 18,5 juta," katanya, Jumat (9/8/2019).

Baca juga: Ini Penampakan Si Black, Sapi Kurban 1 Ton yang Dibeli Jokowi Seharga Rp 100 Juta

Sulistiyo juga sangat memperhatikan kebersihkan kandang sebab dengan kondisi kandang bersih, kesehatan sapi juga tetap terjaga.

Sulistiyo memandikan sapi minimal dua kali sepekan.

Jokowi menyumbang dua sapi kurban di DIY. Sapi banpres jenis simenta seberat 1.180 kg secara simbolis diserahkan oleh Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X kepada Takmir Masjid Nur Maunah, Gunung Kidul.

Satu lagi sapi bantuan Jokowi jenis peranakan ongole (PO) dengan berat 1.037 kg diserahkan ke Takmir Masjid Istana Negara Gedung Agung Yogyakarta. Penyerahan ini dilakukan di kompleks kantor Kepatihan, Yogyakarta.

Baca juga: Sapi 1,1 Ton Pemberian Jokowi Sempat Tak Mau Makan

(KONTRIBUTOR YOGYAKARTA, WIJAYA KUSUMA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com