Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

14 Rumah di Kampung Adat Lebak Terbakar

Kompas.com - 24/07/2019, 20:04 WIB
Acep Nazmudin,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

 

LEBAK, KOMPAS.com - Kebakaran terjadi di sebuah kampung adat di Kabupaten Lebak, Banten, Rabu (24/7/2019). Dilaporkan ada 14 rumah warga dan satu bangunan kesepuhan ludes terbakar.  

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Kaprawi mengatakan, kebakaran terjadi di Kampung Pasir Eurih, Desa Sindanglaya, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak. Kampung tersebut merupakan salah satu kesepuhan adat di Banten Kidul.

"Peristiwa terjadi sekitar pukul 09.30 WIB, diduga karena korsleting listrik," kata Kaprawi saat dikonfirmasi Kompas.com, melalui sambungan telepon, Rabu.

Baca juga: Ini Fakta Baru Kebakaran Hutan Gunung Panderman, Kembali Terbakar hingga Rusak Habitat Elang Jawa

Bangunan rumah yang terbuat dari bilik dan kayu, membuat api mudah menjalar dan menghanguskan 14 rumah hingga rata dengan tanah. Api berhasil dipadamkan satu jam kemudian. 

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Kerugian materi akibat kebakaran diperkirakan mencapai Rp 760 juta. 

Kaprawi mengatakan, pihaknya sudah menyalurkan bantuan kepada korban kebakaran. Bantuan berupa kebutuhan dasar seperti obat-obatan, selimut dan makanan sudah diserahkan kepada korban.

"Saat ini korban tinggal di rumah saudaranya masing-masing, sudah kita tawarkan untuk dirikan pengungsian tapi menolak," kata Kaprawi.

Baca juga: Sebuah Rumah Terbakar, 4 Bocah Bersaudara Ditemukan Tewas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com