KPU RI Serahkan Santunan kepada 7 Ahli Waris Penyelenggara Pemilu di DIY

Kompas.com - 20/07/2019, 19:26 WIB
Ketua KPU RI Arief Budiman saat secara simbolis memberikan santunan kepada salah satu ahli waris penyelenggara pemilu 2019 di DIY yang meninggal dunia. Santunan ini diberikan di Kantor KPU DIY, Sabtu (20/07/2019) YUSTINUS WIJAYA KUSUMAKetua KPU RI Arief Budiman saat secara simbolis memberikan santunan kepada salah satu ahli waris penyelenggara pemilu 2019 di DIY yang meninggal dunia. Santunan ini diberikan di Kantor KPU DIY, Sabtu (20/07/2019)

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memberikan santunan kepada tujuh ahli waris penyelenggara Pemilu 2019 di DIY yang meninggal dunia. Santunan ini diberikan secara simbolis oleh Ketua KPU RI Arief Budiman.

"Kami menindaklanjuti apa yang sudah kami lakukan di beberapa provinsi, yaitu pemberian santunan kepada penyelenggara Pemilu ad hoc yang meninggal dunia," ujar Ketua KPU RI Arief Budiman di Kantor KPU DIY, Sabtu (20/07/2019)

Berdasarkan data, untuk Provinsi DIY ada 15 orang penyelenggara Pemilu 2019 yang meninggal dunia. Beberapa waktu lalu, KPU RI sudah memberikan santunan kepada tiga ahli waris.


Baca juga: Keluarga Petugas KPPS Bekasi yang Gugur Dapat Santunan dari KPU

Saat ini secara simbolis, pihaknya memberikan kepada tujuh ahli waris penyelenggara Pemilu 2019 di DIY yang meninggal dunia.

"Sekarang ini kita berikan santunan kepada tujuh ahli waris. Besaranya santunan untuk meninggal dunia Rp 36 juta," tegasnya.

Sebelum memberikan santunan kepada ahli waris, kata Arief, KPU harus memastikan bahwa mereka yang gugur adalah penyelenggara Pemilu dan meninggal dunia dalam masa sesuai ketentuan KPU.

Selain itu, data ahli waris juga harus sesuai dengan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan untuk bisa menerima santunan.

Setelah data komplet, maka berkas diberikan kepada negara untuk diproses pencairanya. KPU RI selanjutnya hanya menyalurkan, sedangkan anggaranya dari negara.

"Masih ada lima lagi sebanarnya untuk Provinsi DIY. Itu masih dalam tahap klarifikasi dan verifikasi," tegasnya.

Baca juga: KPU Depok Beri Santunan 4 Keluarga KPPS yang Meninggal

Di seluruh Indonesia, sampai saat ini yang sudah diverifikasi dan diberikan santunan kurang lebih sekitar 160 ahli waris. Sedangkan yang masih dalam proses verifikasi sekitar 540.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X