Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Pendakian Gunung Semeru Tutup Akhir September

Kompas.com - 05/07/2019, 12:36 WIB
Andi Hartik,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Pendakian Gunung Semeru, Jawa Timur ditutup selama empat hari sejak 26 September hingga 29 September 2019 mendatang.

Penutupan itu untuk menghormati peringatan Hari Raya Karo oleh warga Suku Tengger di Desa Ranupani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang.

Informasi penutupan jalur pendakian itu tertuang dalam surat pengumuman nomor PG.03/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/7/2019 yang dikeluarkan oleh Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Kepala TNBTS, John Kenedie mengatakan, penutupan itu berdasarkan hasil kesepakatan bersama dengan pelaku jasa wisata di kawasan itu.

Baca juga: Carica, Buah Endemik sebagai Minuman Masyarakat Suku Tengger

"Selama empat hari, dimulai tanggal 26 September sampai dengan 29 September 2019 pendakian Gunung Semeru ditutup secara total dikarenakan perayaan Hari Raya Karo," kata John, Jumat (5/7/2019).

Selain itu, penutupan itu juga atas pertimbangan surat permohonan penutupan pendakian Gunung Semeru dari Kepala Desa Ranupani dan Ketua Rukun Adat Ranupani nomor 005/036/427.917.12/2019 pada 4 Juni 2019 lalu.

Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas TNBTS, Sarif Hidayat mengatakan, penutupan hanya berlaku untuk pendakian Gunung Semeru. Sedangkan untuk wisata Gunung Bromo tetap buka seperti biasanya.

"Pendakian saja sesuai dengan surat permohonan," kata Sarif.

Baca juga: Malang yang Dingin hingga Fenomena Frost di Bromo dan Semeru

Menurut Sarif, pihaknya akan menutup pemesanan tiket pendakian yang seharusnya bisa dipesan melalui tiket online.

"Belum ada yang booking. Dan by system akan kita close," kata Sarif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com