Polisi Gagalkan 4 Kontainer Kayu Merbau yang Akan Diselundupkan ke Surabaya

Kompas.com - 18/06/2019, 22:13 WIB
Kayu jenis merbau yang hendak diselundupkan melalui Pelabuhan Kontainer Kota Sorong ke Surabaya. Kompas.Com/ Budy SetiawanKayu jenis merbau yang hendak diselundupkan melalui Pelabuhan Kontainer Kota Sorong ke Surabaya.

SORONG.KOMPAS.com – Sebanyak 4 kontainer kayu jenis merbau yang hendak diselundupkan melalui Pelabuhan Kontainer Kota Sorong ke Surabaya, berhasil digagalkan oleh Kepolisian Daerah (Polda) Papua Barat, Selasa (18/6/2019), sekitar pukul 08.15 WIT.

Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Drs. Herry Rudolf Nahak, melalui Kabid Humas AKBP Mathias Y Krey membenarkan, penangkapan kayu diduga hasil illegal loging tersebut.

“Kayu-kayu ini, sejak tanggal 20 Mei 2019 lalu, telah dimasukan ke dalam konteiner PT Temas, dan akan dikirim ke Surabaya,” ungkap Mathias, melalui pesan Whatsaap, Selasa malam.


Lanjut Mathias, penangkapan ini dipimpin Kompol Choiruddin Wachid, Sik, dibantu dua anggota Ipda John Haulusi dan Brigpol Hogi W Setiawan.

“Sesuai keterangan Kepala Cabang Expedisi Pelayaran Temas, Facrul Zainal, kayu ini milik Bowo yang beralamatkan di KM 10 Kota Sorong. Dan keterangan ini diperkuat oleh Asmil, Kepala Depo Themas dan Hasim, Operator Porklip PT Temas,” jelas Mathias.

Barang bukti yang diamankan, yakni kayu jenis merbau yang sudah dimasukan kedalam Kontainer, yakni No tegu 2903802, 22 g, No tegu 2910463. 22 gi, No tegu 2939718. 22 gi, dan No tegu 2909631. 22 gi.

“Penangkapan ini juga didasakan dari hasil penyelidikan yang dilakukan di Kabupaten Sorong dan Kota Sorong,” terang Mathias.

Selain itu, pihak juga akan segera berkoordinasi dengan kehutanan, untuk menghitung jumlah kayu serta dokumennya, termasuk mencari keberadaan pemiliknya.

“Pelaku untuk sementara disangkalkan melanggar Pasal 78 UU 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan,” tegasnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X