Puncak Arus Mudik, Jumlah Kendaraan Masuk Solo Capai 252.544 Unit

Kompas.com - 02/06/2019, 11:38 WIB
Kendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati Tol Semarang-Solo, Jawa Tengah, Jumat (31/5/2019). Volume arus mudik dari arah Jakarta yang memasuki Gerbang Tol Bawen-Salatiga menuju ke sejumlah wilayah di Jateng dan Jatim pada H-5 siang hari terpantau padat merayap. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOKendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati Tol Semarang-Solo, Jawa Tengah, Jumat (31/5/2019). Volume arus mudik dari arah Jakarta yang memasuki Gerbang Tol Bawen-Salatiga menuju ke sejumlah wilayah di Jateng dan Jatim pada H-5 siang hari terpantau padat merayap.

SOLO, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta menyebutkan, arus mudik Lebaran 2019 di Solo, Jawa Tengah, memasuki puncaknya pada Sabtu (1/6/2019) dan Minggu (1-2/6/2019) atau H-4 dan H-3 Lebaran.

Volume kendaraan yang memasuki Solo sejak Sabtu mengalami peningkatan secara signifikan dibandingkan dengan hari sebelumnya.

Menurut Kabid Lalu Lintas Dishub Kota Surakarta Ari Wibowo, berdasarkan data traffic counting, jumlah volume kendaraan masuk mencapai 252.544 kendaraan per hari atau meningkat 29,86 persen dari hari sebelumnya hanya 201.538 kendaraan.

Baca juga: Menurut Kapolri, Ini Faktor yang Membuat Arus Mudik Tahun Ini Lebih Lancar

Bahkan, lanjut Ari, volume kendaraan masuk Solo dibandingkan periode yang sama H-4 Lebaran tahun lalu naik 23,9 persen.

Pada 2019, jumlah kendaraan masuk sekitar 237.375 kendaraan.

"Kemarin puncak sementara. Ada kemungkinan juga hari ini (Minggu) puncak lagi," kata Ari kepada Kompas.com di Solo, Jawa Tengah, Minggu (2/6/2019).

Menurut dia, peningkatan volume kendaraan karena tersebut karena pada Senin (3/6/2019) sudah mulai libur Lebaran, dilanjutkan dengan libur cuti bersama.

Baca juga: Kepadatan Terdistribusi, Puncak Arus Mudik Bergeser

Sementara, untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan arus mudik, pihaknya memaksimalkan pengendalian melalui kamera CCTV yang dipasang di berbagai persimpangan.

Selain itu, memasang rambu pendahulu penunjuk jurusan (RPPJ) portabel sebanyak 128 titik. Kemudian, barikade dan water barrie portabel, seperti Kawasan Taman Kota Kerten dan Jalan Adi Sucipto.

"Kita mengaktifkan patroli kota dan patroli parkir. Supaya arus lalu lintas kendaraan selama mudik Lebaran berjalan lancar," ujar dia.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X