Mudik Gesit: Ini 18 Kawasan Rawan Macet di Jalur Mudik Solo

Kompas.com - 29/05/2019, 21:19 WIB
Kendaraan melintas di Simpang Klodran (keluar masuk tol Solo-Ngawi) di Karanganyar, Jawa Tengah. KOMPAS.com/LABIB ZAMANIKendaraan melintas di Simpang Klodran (keluar masuk tol Solo-Ngawi) di Karanganyar, Jawa Tengah.

SOLO, KOMPAS.com - Kepala Dinas Perhubungan Kota Surakarta Hari Prihatno mengatakan, pihaknya memetakan 18 titik rawan macet di jalur mudik dan balik Solo, Jawa Tengah.

Satu di antaranya berada di exit Tol Klodran, sementara 17 lainnya di jalur non-tol.

Para pemudik yang melintas Solo, Jawa Tengah diminta untuk mewaspadai terhadap kawasan rawan macet tersebut.

Kemacetan jalur mudik Solo disebabkan adanya antrean panjang di perlintasan sebidang kereta api (KA), pasar, pusat perbelanjaan (mal), rumah makan, tempat wisata dan persimpangan jalan.

Adapun persimpangan jalan yang rawan kemacetan itu antara lain, Simpang Kerten, Simpang Faroka, Simpang Taman Kota Kerten, Simpang Pasar Nongko, Viaduk Gilingan, Simpang Gilingan, Simpang Tirtonadi, Simpang Coyudan, Simpang Dawung, Bundaran Gladag.

Kemudian Simpang Sangkrah, Simpang Ketandan, Simpang Loji Wetan, Simpang Pasar Klewer, Simpang Pasar Kliwon, Simpang Klodran, Simpang Radio ABC, Simpang Fave Hotel dan Simpang Joglo.

"Solusi untuk mengantisipasi kemacetan itu dengan memaksimalkan pengendalian simpang dengan CCTV di central control room," kata Hari di Solo, Jawa Tengah, Rabu (29/5/2019).

Baca juga: Waspadai Tindak Kriminal Ini jika Mudik Naik Pesawat...

Solusi lain adalah dengan menempatkan rambu pendahulu penunjuk jurusan (RPPJ) portabel, barikade, dan water barrie portabel. Dishub Surakarta juga akan mengaktifkan patroli kota dan patroli parkir.

Simpang Klodran merupakan kawasan baru rawan macet karena tempat keluar masuknya kendaraan dari ruas Tol Solo-Ngawi maupun sebaliknya. Di sana juga akses menuju arteri sempit.

"Simpang Joglo ini menjadi permasalahan kami karena tidak ada pembatasan kendaraan secara signifikan. Sehingga nanti arus mudik diperkirakan antrean kendaraan luar biasa panjang," tandasnya.

Baca juga: Mudik Lebaran, Rambu Penunjuk Arah Dipasang di Jalur Alternatif Cianjur

Kawasan macet di dalam kota akan terjadi di koridor jalan Jenderal Sudirman (Jensud) kawasan Gladag. Selain karena ada pengerjaan proyek, juga berdekatan dengan pusat binis di Solo. Seperti Pasar Klewer, Pusat Grosir Solo, BTC dan lainnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X