Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dites Urine 1 Sopir Bus di Purwokerto Positif Mengandung Benzo

Kompas.com - 29/05/2019, 15:38 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNKK) Banyumas bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar tes urine dan pemeriksaan kesehatan terhadap pengemudi bus di Terminal Bulupitu Purwokerto, Jawa Tengah.

Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNK Banyumas Wicky Sri Erlangga mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan tes urine, salah satu pengemudi bus positif mengandung benzo.

Baca juga: 3 Sopir Bus AKAP di Palembang Positif Narkoba

"Satu pengemudi bus positif mengandung benzo, tapi setelah kami tanya, katanya sedang mengkonsumsi obat karena sakit. Untuk layak atau tidaknya mengemudi, kami serahkan kepada dokter, dokter yang menentukan," kata Wicky di Purwokerto, Rabu (29/5/2019).

Wicky mengatakan, tes urine digelar selama dua hari berturut-turut, Selasa-Rabu (28-29/5/2019). Seluruh awak bus yang keluar masuk di Terminal Bulupitu diwajibkan menjalani tes urine.

"Hari pertama ada 51 orang yang di tes urine, hari ini ada 45 orang. Kami bekerja sama dengan Dinas Perhubungan untuk menciptakan transportasi yang aman selama arus mudik dan balik ini," ujar Wicky.

Baca juga: Bupati Kendal Disebut-sebut Konsumsi Narkoba, Begini Hasil Tes Urine oleh Polisi

Sementara itu, Kabid Kesehatan Dinkes Banyumas Agus Nugroho mengatakan, pemeriksaan kesehatan meliputi tes ketajaman mata, buta warna, tekanan darah, gula darah, kolesterol, alkohol dan narkoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com