3 Sopir Bus AKAP di Palembang Positif Narkoba

Kompas.com - 28/05/2019, 21:31 WIB
Pemeriksaan urine kepada para sopir di terminal Palembang oleh Ditres Narkoba Polda Sumsel, Selasa (28/5/2019). Hasilnya, tiga sopir dinyatakan positif menggunakan narkoba.
KOMPAS.com/AJI YK PUTRAPemeriksaan urine kepada para sopir di terminal Palembang oleh Ditres Narkoba Polda Sumsel, Selasa (28/5/2019). Hasilnya, tiga sopir dinyatakan positif menggunakan narkoba.

PALEMBANG, KOMPAS.com - Direktorat  Reserse Narkoba Polda Sumatera Selatan melakukan pemeriksaan urine kepada para supir bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di terminal kawasan Palembang, Selasa (28/5/2019).

Hasilnya, tiga orang sopir bus dinyatakan positif menggunakan narkoba setelah dilakukan pemeriksaan. Merekapun akhirnya langsung dibawa ke Polda Sumsel untuk dilakukan pemeriksaan.

Baca juga: Disebut Melanggar HAM, Massa Aksi di Mapolda Sumsel Minta Kapolri Mundur

Direktur Reserse Narkoba Sumsel Kombes Pol Farman menjelaskan, pemeriksaan tes urine ini untuk mengantisipasi para sopir yang ugal-ugalan terlebih lagi ketika sedang membawa para penumpang dalam arus mudik nanti.

"Dari 25 orang sopir yang kami tes urine, 3 dinyatakan positif. Sopir yang mengonsumsi miras atau narkoba tidak layak untuk mengemudikan bus karena dapat membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain,” kata Farman.

Farman melanjutkan, selain di terminal bus, pemeriksaan urine juga dilakukan di pelabuhan serta bandara. Para nahkoda kapal, hingga pilot juga tak luput diperiksa petugas.

Baca juga: Antisipasi Kecelakaan, Polisi Tes Urine Sopir Bus di Bandung

Setidaknya, ada 100 personel dari Ditres Narkoba Polda Sumsel diturunkan untuk melakukan pemeriksaan urine di bandara, terminal dan pelabuhan.

"Ini juga sebagai rangkaian operasi ketupat. Selain mencegah sopir yang mengkonsumsi narkoba, kami juga pencegahan peredaran narkoba di wilayah Sumsel, " ujarnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X