Mudik Gesit: Antisipasi Macet di Tol ke Merak, Tersedia 4 Toilet Portabel

Kompas.com - 28/05/2019, 15:28 WIB
Toilet portabel dipasang di dekat gerbang tol Pelabuhan Merak untuk mengantisipasi terjadi antrean kendaraan, Senin (27/5/2019). Dok. PT Marga MandalasaktiToilet portabel dipasang di dekat gerbang tol Pelabuhan Merak untuk mengantisipasi terjadi antrean kendaraan, Senin (27/5/2019).

CILEGON, KOMPAS.com - Pengelola jalan tol Tangerang - Merak memasang toilet portabel di dua kilometer menuju pintu keluar pelabuhan Merak. Toilet dipasang untuk mengantisipasi adanya antrean kendaraan di gerbang tol (GT).

Kepala Divisi Hukum dan Humas PT Marga Mandalasakti (MMS), Indah Permatasari, mengatakan toilet portabel ditempatkan di empat titik, yakni KM 98 A, KM97+500A, KM97+00A dan KM96+800A.

"Dipasang sejak kemarin, dan sudah bisa digunakan," kata Indah kepada Kompas.com, Selasa (28/5/2019).

Baca juga: Mudik Gesit: Tol Pandaan-Malang Rawan Kabut dan Ada Tanjakan, Pemudik Diminta Waspada

Puncak mudik di Jalan Tol Merak - Tangerang diprediksi akan terjadi pada H-5 dan H-3 lebaran. Saat itu sebanyak 173.900 kendaraan akan melintas di jalan tol baik menuju pelabuhan Merak maupun arah Tangerang - Jakarta.

Titik kemacetan di jalan tol mengarah ke Merak, diprediksi akan terjadi di GT Pelabuhan Merak dan GT Serang Timur.

Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Banten, Herdi Jauhari, mengatakan, untuk kendaraan roda empat yang akan menyebrang ke Bakauheuni, disediakan kantong parkir di Jalan Cikuasa, jika terjadi antrean kendaraan masuk ke Pelabuhan Merak.

"Diprediksi antrian akan sampai ke dalam tol juga, kita sudah koordinasi dengan pusat, dimana tol di Provinsi Banten mendukung toilet di dalam tol, karena kalau ada antrian, orang bisa nyaman," kata dia.

Baca juga: Mudik Gesit: Ini Rekayasa Arus Mudik Saat One Way Berlaku 30 Mei-2 Juni 2019

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X