Arus Mudik-Balik, Pasokan BBM di Jalur Selatan Dipastikan Aman

Kompas.com - 24/05/2019, 12:57 WIB
Ilustrasi BBM. (ABC/Nic MacBean) Ilustrasi BBM. (ABC/Nic MacBean)


PURWOKERTO, KOMPAS.com - Pertamina memastikan pasokan bahan bakar minyak ( BBM) di jalur selatan Jawa Tengah selama arus mudik dan balik Lebaran mendatang aman.

Sales Representative BBM Retail Region V Pertamina MOR IV Jateng-DIY Satrio Wibowo Wicaksono mengatakan, pengiriman BBM ke sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di sepanjang jalur selatan juga dipastikan lancar.

Baca juga: Pemudik Jangan Takut, Rest Area 207 Palikanci Siapkan 2 Juta Liter BBM

"Kami sudah menyiapkan SPBU kantong di sejumlah lokasi, di Kabupaten Banyumas ada tiga titik, yakni di SPBU Ajibarang, SPBU Rawalo, dan SPBU Tambak," kata Wicak, di Purwokerto, Jawa Tengah, Jumat (23/5/2019).


Wicak mengatakan, SPBU disiapkan untuk memperpendek jarak dan waktu tempuh mobil tangki ke lokasi yang berpotensi mengalami kemacetan dan kepadatan.

BBM kantong juga digunakan untuk memasok ke SPBU yang persediaan BBM-nya menipis.

Wicak memperkirakan kenaikan permintaan BBM pada masa arus mudik dan balik untuk premium, pertamax, dan pertalite meningkat hingga 36 persen. Dari kondisi normal 1.564 kiloliter per hari menjadi 2.110 kiloliter per hari.

Baca juga: Pastikan Stok Aman, Pertamina Tambah 112 Titik Layanan BBM Sepanjang Tol Trans Jawa

Sebaliknya, lanjut Wicak, untuk solar, dex, dan dexlite diperkirakan mengalami penurunan sekitar 8-10 persen, yakni dari 539 kiloliter per hari menjadi 496 kiloliter per hari.

"Kalau kami produksi dari Cilacap, jadi relatif dekat suplai ke TBBM (Terminal Bahan Bakar Minyak) Maos. Kemarin kami juga sudah koordinasi dengan pihak kilang bahwa stok di kilang Cilacap aman," ujar Wicak.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X