Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Yakin Tol Pandaan-Malang Tingkatkan Sektor Pendidikan dan Wisata

Kompas.com - 13/05/2019, 16:46 WIB
Andi Hartik,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, keberadaan Tol Pandaan-Malang akan meningkatkan perkembangan sektor wisata dan pendidikan di Malang Raya.

Selama ini, Malang Raya yang terdiri dari tiga daerah, Kota Malang, Kota Batu, dan Kabupaten Malang, menjadi tujuan wisatawan karena memiliki aneka destinasi wisata yang menarik.

Selain itu, banyaknya perguruan tinggi bertaraf nasional yang berada di Malang juga menjadikannya sebagai daerah tujuan pendidikan.

"Kita harapkan Malang Raya sebagai center-nya pariwisata, juga di bidang pendidikan. Saya kira ini (Tol Pandaan-Malang) akan sangat membantu sekali untuk pengembangan di bidang pariwisata dan pendidikan di Kota Malang, Kabupaten Malang, dan sekitarnya," katanya saat meresmikan Tol Pandaan-Malang di pintu gerbang Singosari, Kabupaten Malang, Senin (13/5/2019).

Baca juga: Jokowi Minta Pembangunan Tol Pandaan-Malang Rampung di Akhir Tahun 2019

Jokowi mengatakan, tol itu akan mempermudah mobilitas barang, jasa dari dan menuju Malang, serta dapat mengurangi biaya angkut.

"Dengan selesainya tol ini kita harapkan benar-benar nanti mobilitas barang, jasa, orang semakin cepat, semakin mempermudah dan secara cost juga semakin murah," katanya.

Baca juga: Usai Diresmikan, Tol Pandaan-Malang Akan Dibuka Gratis hingga 2 Minggu

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, beroperasinya jalan bebas hambatan itu berpotensi mendatangkan 7,2 juta wisatawan ke Kota Batu.

Apalagi didukung oleh Bandara Abdulrachman Saleh dengan menjadikannya sebagai bandara internasional.

"Memang kami sangat sering koordinasi dengan Pemkab dan Pemkot Batu, Pemkot Malang. Kita berharap segitiga wilayah ini akan menjadi Malang Raya yang menjadi sentra pertumbuhan ekonomi yang luar biasa," katanya.

Tol Pandaan-Malang seksi 1 hingga 3, dari Pandaan Kabupaten Pasuruan hingga Singosari Kabupaten Malang, sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Sisanya, seksi 4 hingga 5 dari Singosari hingga ke Kota Malang, masih dalam tahap pembangunan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com