Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawaslu Ogan Ilir Cek Keaslian Puluhan Kertas Suara yang Ditemukan di Aliran Sungai ke KPU Pusat

Kompas.com - 07/05/2019, 11:13 WIB
Amriza Nursatria,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

INDRALAYA, KOMPAS.com - Bawaslu Ogan Ili, Sumatera Selatan (Sumsel) telah melakukan proses investigasi untuk mengungkap temuan puluhan kertas suara Pemilu 2019 di sebuah aliran sungai di Desa Ulak Segelung, Kecamatan Indralaya, Ogan Ilir

Komisioner Bawaslu Ogan Ilir Idris mengatakan, berencana membawa contoh kertas suara yang ditemukan ke KPU Pusat di Jakarta untuk meminta dilakukan pemeriksaan keaslian kertas suara tersebut.

Bawaslu juga telah memanggil sejumlah pihak untuk dimintai keterangan.

“Ya sudah ada beberapa orang yang kita panggil untuk dimintai keterangan. Kita juga akan ke KPU pusat untuk meminta dilakukan pengecekan keaslian kertas suara yang ditemukan, sebab KPU yang punya alat untuk memeriksanya,” ujar Idris saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (7/5/2019).

Baca juga: Puluhan Kertas Suara Belum Terpakai Ditemukan di Aliran Sungai

Ketua KPU Ogan Ilir Massyuriati mengatakan, pihaknya masih menunggu hasil investigasi Bawaslu Ogan Ilir terkait penemuan kertas suara itu sebelum mengambil tindakan.

“Itu masih ranahnya Bawaslu Ogan Ilir, mereka sedang melakukan investigasi. KPU Ogan Ilir menunggu hasil investigasi Bawaslu sebelum mengambil langkah apa nanti,” terangnya.

Baca juga: Bawaslu Tanah Datar Tutup Kasus Dugaan Pidana Tercecernya Surat Suara di Kampar

Diberitakan sebelumnya, beberapa hari lalu ditemukan dua bal kertas suara pemilu yang jumlahnya mencapai 70 lembar di sebuah aliran sungai di Desa Ulak Segelung, Kecamatan Indralaya, Ogan Ilir.

Kertas suara yang masih dalam posisi terbungkus plastik dan belum terpakai itu tak sengaja ditemukan warga dan langsung dilaporkan ke salah satu pengurus partai politik di Ogan Ilir, dan langsung melaporkan ke Bawaslu Ogan Ilir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com