Harga Bawang Putih Dikabarkan Turun, Pedagang Bingung karena Stok Langka

Kompas.com - 06/05/2019, 13:14 WIB
Harga bawang putih di Pasar sayur Magetan diperkirakan masih akan merangkak naik dikarenakan tidak adanya stok dari pedagang. KOMPAS.com/SUKOCOHarga bawang putih di Pasar sayur Magetan diperkirakan masih akan merangkak naik dikarenakan tidak adanya stok dari pedagang.

MAGETAN , KOMPAS.com - Sejumlah pedagang bawang putih di pasar sayur Magetan, Jawa Timur mengaku bingung ketika sejumlah media memberitakan harga bawang putih turun, padahal kenyataan di lapangan bawang putih justru langka.

Baca juga: Harga Bawang Putih Rp 100.000 Per Kg, Ibu-ibu di Bandung Bingung

Darwati salah satu pedagang bawang putih di Pasar Sayur Magetan mengatakan, saat ini stok bawang putih kosong dan hal itu yang membuat harganya terus merangkak naik. Bahkan di Solo, tempat pedagang mengambil dagangan, stok bawang putih juga kosong.

"Harganya itu masih gonjang ganjing tidak menentu. Katanya di TV sudah turun, tapi di Solo kosong tidak ada barang. Pedagang yang bingung,” ujar Darwati kepada Kompas.com, Senin (6/5/2019).

Darwati menambahkan, harga bawang putih jenis kating di pasar sayur Magetan sebulan lalu berkisar Rp 35.000, namun saat ini mencapai Rp 60.000.

“ Kalau sekarang harganya go, nggak tahu besok karena barangnya sekarang tidak ada,” imbuhnya.

Baca juga: Jelang Ramadan, Harga Bawang Putih di Timika Capai Rp 80.000 per Kiloram

Sementara itu, Suparti pedagang sayur lainnya mengaku selain bawang putih, sejumlah komoditas sayur seperti cabai keriting dan kentang juga mengalami kenaikan sekitar Rp 5.000 pe kilogram. Meski harga bawang putih mengalami kenaikan, namun harga bawang merah di pasar sayur Magetan mengalami penurunan dari Rp 35.000 menjadi Rp 25.000 rupiah

“ Bawang merah agak turun, kemarin kemarin Rp 35.000 sekarang Rp. 25.000. Kalau basah Rp 20.000 sudah dapat. Ini kan lagi panen,” ucapnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X