Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Kelelahan Ikut Rekapitulasi, Seorang Ketua KPPS di Maluku Meninggal

Kompas.com - 22/04/2019, 19:23 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Khairina

Tim Redaksi

AMBON,KOMPAS.com-Selvianus Itranbey, salah satu Ketua Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 1 Desa Adodo Molu, Kecamatan Molu Maru, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku dilaporkan meninggal dunia, Senin (22/4/2019).

Selvianus dilaporkan meninggal dunia setelah meminta izin kembali ke rumahnya saat ia sedang mengikuti rapat rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan.

Ketua KPU Provinsi Maluku Syamsul Rifan Kubangun kepada Kompas.com mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima dari Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPK) Kecamatan Molu Maru, korban meninggal dunia diakibatkan karena mengalami kelelahan.

“Laporan dari Ketua PPK bahwa korban meninggal dunia karena kelelahan,” kata Rifan via telepon selulernya, Senin malam.

Baca juga: Jumlah Petugas KPPS Meninggal Bertambah Jadi 90 Orang

Rifan menyebut, berdasarkan informasi yang diterima, korban saat itu sempat mengikuti rapat rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan, namun korban tidak dapat melanjutkan tugasnya itu dan dia langsung meminta izin untuk kembali ke rumahnya.

“Setelah meminta izin untuk kembali ke rumahnya, beberapa saat kemudian korban meninggal dunia,”ujarnya.

Menurut Rifan, sesuai rencana jenazah korban akan dimakamkan pada Selasa (23/4/2019), di kampung halamannya, pada pukul 10.00 WIT.

Rifan mengatakan Kecamatan Adodo Molu merupakan kecamatan terjauh di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Menurutnya, dari ibu kota kabupaten menuju kecamatan itu membutuhkan kurang lebih 9 jam lamanya.

“Dari Saumlaki ke Larat waktu tempuh 4 jam kemudian dari Larat menuju Desa Adodo Molu waktu tempuhnya 5 jam menggunakan speedboat,”ujarnya.

Baca juga: Sempat Dirawat 5 Hari, Petugas KPPS di Cianjur Meninggal karena Kelelahan

Dihubungi Kompas.com secara terpisah, Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Tanimbar Ronal Regen Lartutul membenarkan jika salah satu Ketua KPPS di wilayah tersebut meninggal dunia hari ini.

“Iya Ketua KPPS disini ada yang meninggal dunia tadi, tapi penyebabnya saya belum tahu persis karena lokasinya sangat jauh sekali, nanti saya cek dulu penyebabnya baru saya sampaikan,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com