Ini Rute LRT hingga Alasan Pemprov Jatim Ingin Punya Transportasi Massal

Kompas.com - 22/04/2019, 13:31 WIB
Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur, Fattah Jasin. KOMPAS.com/GHINAN SALMANKepala Dinas Perhubungan Jawa Timur, Fattah Jasin.

SURABAYA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur, Fattah Jasin mengatakan, pembangunan light rail transit ( LRT) untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya sangat dibutuhkan.

Terlebih, jumlah penduduk di Surabaya, Gresik, Mojokerto, dan Sidoarjo memiliki jumlah penduduk yang cukup besar, yakni sekitar 10 juta penduduk.

Karena itu, kota-kota besar di Jawa Timur, sudah harus memiliki alternatif transportasi massal.

"Ini sekelas Jatim, Surabaya, enggak punya konsep angkutan massal. Bus pun enggak punya," ucap Fattah kepada Kompas.com, Senin (22/4/2019).

"Hanya bus plat merah Surabaya yang wira-wiri, itu bukan angkutan massal, tapi umum. Itu busnya plat merah supaya orang tau, oh Surabaya punya angkutan umum massal, itu bukan. Itu hoaks itu," katanya.

Baca juga: Pemprov Jatim Ajukan Pembangunan LRT ke Kemenhub

Menurut Fattah, yang dikatakan transportasi massal itu terdapat jalan khusus dan tidak melewati jalan umum yang biasa digunakan selama ini.

Seperti halnya DKI Jakarta, yang memiliki Transjakarta, Busway, kereta api rute Jabodetabek, hingga moda raya terpadu (MRT).

"Jawa Timur, mana ada kereta macam di Jabodetabek? Gerbang Kartasusila mana? Enggak ada kan, itu urgensinya. Maka 10 juta penduduk itu wajib diberi fasilitas angkutan publik, angkutan umum," ujarnya.

Baca juga: Gubernur Ganjar: Jateng Siap Bangun LRT di Kota Semarang

Fattah menyebut, konsep LRT yang sudah diserahkan ke Kementerian Perhubungan itu, nantinya akan melintasi mulai dari Lamongan-Gresik, Gresik-Surabaya, Surabaya-Sidoarjo, Surabaya-Bandara Juanda, Sidoarjo-Mojokerto.

"Malang tidak, Malang punya konsep sendiri di Malang Raya. Malang kabupaten, Kota Malang, dan Kota Batu. Itu satu kesatuan," jelasnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X