Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan TPS di Pesisir Selatan Sediakan Tempat Bermain untuk Anak

Kompas.com - 17/04/2019, 09:19 WIB
Perdana Putra,
Rachmawati

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Berbeda dengan Tempat Pemungutan Suara (TPS) lainnya, TPS 04 Nagari Duku Utara, Kecamatan Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat ini menyediakan tempat bermain untuk anak-anak.

Tempat bermain untuk anak-anak ini sengaja dirancang oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) setempat guna memberikan kenyamanan bagi pemilih yang membawa anak-anaknya ke TPS.

"Kita sengaja membuat tempat bermain ini di TPS dengan harapan bisa menarik pemilih ibu-ibu. Pemilih ini bisa datang ke TPS membawa anak-anaknya dan membiarkan anak-anaknya bermain di lokasi yang disediakan sambil menunggu pencoblosan," kata Ketua KPPS Zudasrul kepada Kompas com, Rabu (17/4/2019).

Baca juga: Nyoblos di TPS 001 Wiyung Surabaya, Risma Dapat Antrian ke-75

Zudasrul menyebutkan tempat bermain anak-anak yang dihiasi balon-balon ini juga menyediakan tempat foto selfie. Jika pemilih ingin foto selfie, syaratnya harus memilih terlebih dahulu.

"Ada tempat foto selfienya juga. Pemilih yang ingin foto selfie bisa dilakukan di luar ruangan yang telah disediakan," ujarnya.

Baca juga: Sebelum Berangkat ke TPS, Maruf Amin Olahraga dan Sarapan Bersama Istri

Zudasrul menyebutkan di TPS 04 ada 247 pemilih. Untuk meningkatkan partisipasi pemilih, selain membuat tempat bermain dan lokasi foto selfie, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat supaya menggunakan hak pilihnya.

"Kita turun ke tengah masyarakat, mengimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya. Pemilu hanya sekali lima tahun, sehingga sangat rugi jika tidak menggunakan hak pilih," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com