Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Yakin Menang Usai Salaman dengan Wali Kota Probolinggo

Kompas.com - 10/04/2019, 19:19 WIB
Ahmad Faisol,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) yakin menang di Probolinggo maupun untuk level Jawa Timur saat Pilpres 2019.

Dengan nada bergurau, Jokowi merasa yakin dan optimis suaranya akan jauh lebih banyak dibanding kompetitor pada tahun ini karena telah bersalaman dengan Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin.

"Saya tadi salaman cukup lama dengan Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin. Salamannya lama itu artinya beliau mendukung 100 persen. Kalau lemas, berarti setengah-setengah. Insya Allah kita jadi pemenang di Kota Probolinggo," katanya saat berkampanye di Probolinggo, Rabu (10/4/2019).

Baca juga: Jokowi Perintahkan Kapolri Tegas Tangani Kasus Kekerasan terhadap Siswi AD di Pontianak

Seperti diketahui, pada Pilpres 2014, ketika berpasangan dengan Jusuf Kalla, Jokowi kalah di Kota Probolinggo. 

Hal itu di luar dugaan, sebab Kota Probolinggo adalah basis PDI-Perjuangan yang merupakan partai pengusung Jokowi bersama calon wakil presiden Ma'ruf Amin. 

Baca juga: Tiga Kepala Daerah di Sumbar Ikut Kampanye Jokowi Tanpa Izin Cuti

Wali Kota Probolinggo Hadi yang sedang cuti dan hadir dalam kampanye, juga terlihat tertawa. Bupati Probolinggo P Tantriana Sari juga terlihat hadir saat kampanye. 

Di hadapan pendukungnya, Jokowi juga sempat menyinggung masalah hoaks. Jokowi meminta kepada pendukungnya untuk memerangi hoaks yang selama ini tertuju pada dirinya. 

Karena itu, kepada para pendukungnya, Jokowi meminta agar para pendukungnya bersama-sama menyakinkan masyarakat untuk mencoblos nomor 01 pada pilpres 17 April.

Berdasarkan rekapitulasi suara di KPU pada Pilpres 2014 lalu, Prabowo Subianto yang berpasangan dengan Hatta Rajasa saat itu memenangi suara warga di Kota Probolinggo.

Prabowo-Hatta meraih 69.112 suara, sementara Jokowi-JK meraup 58.149 suara. Padahal, tim sukses Jokowi menargetkan raihan 70 persen suara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com