Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BUMN Berikan 7.026 Tiket Gratis Mudik Lebaran 2019, Ini Syaratnya

Kompas.com - 10/04/2019, 10:45 WIB
Hadi Maulana,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memberikan ribuan tiket gratis untuk mudik hari Raya Idul Fitri 2019 dengan tujuan Batam-Belawan tahun 2019.

Ribuan tiket gratis ini adalah program mudik bareng BUMN, di mana tiket yang dibagikan sebanyak 7.076 seat untuk kelas ekonomi.

BUMN yang mengakomodir tiket gratis tersebut adalah Jasindo 300 seat, Jiwasraya 960 seat, Timah 126 seat, Pos Indonesia 570 seat, Jamkrindo 70 seat, Pegadaian 200 seat, Askrindo 300 tiket, Jasa Raharja 500 seat, Pelindo 1 1.474 seat, Pelindo 2 1.526 seat dan Inalum 1000 seat dengan total 7.026 seat.

Baca juga: Musim Mudik Lebaran Segera Tiba, Karawang Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Kepala Cabang Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Batam Sugiyanto, membenarkan kabar tersebut, menurutnya bagi-bagi tiket gratis tersebut nantinya akan dibagikan oleh tiap-tiap pihak BUMN tersebut.

"Untuk pendaftarannya akan dilakukan langsung oleh pihak BUMN yang mengadakan, Pelni hanya sebagai pengangkut saja," kata Sugiyanto, Rabu (10/4/2019).

Sementara itu, Kepala Operasional Jasa Raharja Masna Firles, juga membenarkan kabar tersebut.

Baca juga: Kemenhub Siapkan 970 Bus untuk Mudik Gratis, Ini Cara Daftarnya

Namun untuk tanggal pendaftaran, Masna, mengatakan masih belum menentukan kapan akan dibuka.

"Kami masih menunggu arahan dari kantor pusat, karena masih belum mendapatkan jadwal keberangkatannya. Makanya untuk tanggal pendaftaran belum kami buka," katanya.

Untuk persyaratannya, lanjut Masna, masyarakat harus memiliki bukti pembayaran Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang sudah lunas dan bukti lunas pembayaran pajak.

"Dengan menunjukkan itu, kami membatasi walaupun gratis tapi tetap memberikan apresiasi kepada masyarakat yang taat pajak," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com