Musim Mudik Lebaran Segera Tiba, Karawang Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Kompas.com - 02/04/2019, 07:03 WIB
Ilustrasi mudik lebaran. KOMPAS.com/ALDO FENALOSAIlustrasi mudik lebaran.

KARAWANG, KOMPAS.com-Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Karawang bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang sedang menyusun strategi rekayasa lalu lintas mudik lebaran 2019 mendatang.

Hal ini dilakukan mengingat adanya pemindahan gerbang tol Ciakrang Utama (Cikarut) ke tol Jakarta-Cikampek di Purwakarta.

"Strategi rekayasa lalu lintas untuk musim pemudik dan arus balik lebaran nanti sedang kami susun," kata Kasat Lantas AKP Bariu Bawana kepada Kompas.com, Senin (1/4/2019).

Bariu mengatakan gerbang tol Cikarut akan berpindah ke kilometer 72.200 tol Jakarta Cikampek arah tol Cipali.


Baca juga: Wakil Bupati Terima Keluhan soal Praktik Percaloan di Disnakertrans Karawang

Sementara untuk arah tol Purbalenyi, gerbang tol akan berada di kilometer 62 tol Jakarta-Cikampek.

Masing-masing gerbang tol tersebut bakal memiliki delapan pintu fleksibel. Peletakan batu pertama sudah dilakukan sekitar Februari lalu.

Jika terjadi kepadatan dan arus lalu lintas tersendat di gerbang tol, tambahnya, pihak Satlantas akan mengalihkan arus kendaraan melalui Gerbang Tol Karawang Timur dan Gerbang Tol Kaliurip. 

Kendaraan menuju Cipali bakal dialihkan di Gerbang Tol Karawang Timur menuju jalan arteri pantura.

Baca juga: Warga Karawang Digegerkan Penemuan Bayi di Teras Rumah

"Tetapi kita lihat dahulu kepadatan dari kendaraan roda dua. Sedangkan yang menuju Bandung kita akan alihkan ke Gerbang Tol Kalihurip, kemudian menuju Purwakarta," katanya.

Selain itu di arus mudik dan arus balik lebaran 2019, pihaknya juga bakal menyarankan untuk tidak memfungsikan seluruh kantong parkir di tol Jakarta-Cikampek di wilayah Karawang.

Tol Japek Elevated Batal Difungsikan pada Mudik 2019

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Karawang, Eka Sanatha mengatakan, tol Jakarta-Cikampek Elevated dipastiakn belum bisa digunakan pada mudik Idul Fitri 1440 Hijriah. Tol tersebut baru bisa digunakan pada September 2019.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X