Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Tanggung Kebutuhan Korban Banjir Jayapura di Pengungsian

Kompas.com - 03/04/2019, 09:00 WIB
Dhias Suwandi,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

JAYAPURA, KOMPAS.com - Memasuki masa transisi darurat bencana banjir bandang di Kabupaten Jayapura, Papua, pemerintah kini fokus pada proses pemulihan para korban terdampak, khususnya bagi mereka yang kini tengah mengungsi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kahupaten Jayapura, Sambodo Samiana mengatakan, selama masa transisi darurat, para pengungsi akan ditanggung oleh pemerintah.

"Pemerintah akan biayai sampai selesai (transisi darurat). Estimasi kita selama 3 bulan," kata Sambodo, kepada wartawan di Posko Pengugsian GOR Touware, Distrik Waibu, pada Rabu (3/4/2019).

Pada masa tersebut, sambungnya, para pengungsi akan didata untuk mendapatkan informasi tentang alamat dan kerugian yang mereka derita.

Baca juga: 5 Fakta Jokowi Kunjungi Korban Banjir di Sentani, Gelar Rapat di Lantai hingga Korban Minta Alat Berat

"Para pengungsi yang masih ada saat ini akan didata apakah benar rumahnya hancur atau terendam dan masih bisa ditempati. Tetapi, nanti akan dibangunkan rumah sementara, namun lokasinya belum diputuskan," ujar Sambodo.

Pendataan tersebut, lanjut Sambodo, juga dilakukan untuk mengantisipasi adanya pengungsi "siluman" yang hanya ingin mendapatkan keuntungan dari penderitaan orang lain.

Selain itu, masyarakat di 21 kampung yang ada di sekitar Danau Sentani, yang kini tengah mengungsi karena air di danau tersebut masih meluap, juga akan mendapat perlakuan yang sama seperti yang diberikan kepada para pengungsi lainnya.

"Di danau ada 21 kampung yang terdampak, itu juga akan didata, nanti diupayakan bantuan dari Kementrian Sosial tetapi bantuannya bukan berupa uang, melainkan bahan bangunan. Diharapkan jika dibangun dapat pindah dari tempat itu atau dinaikkan rumahnya," kata Sambodo.

Baca juga: Bapak Presiden, Tolong Tengok Kami Korban Banjir Bandang Sentani

Sebagai informasi, jumlah pengungsi akibat banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Jayapura pada 16 Maret 2019 sebanyak 7.617 orang yang disebar di lima posko yakni Sub Posko Sabron Sari, Pos Toware, Pos Stadion Barnabas Youwe (SBY), Pos Puspemka dan Sub Pos SKB.

Kemudian jumlah korban akibat luapan air Danau Sentani sebanyak 1.639 kepala keluarga dan saat ini mendirikan pengungsian mandiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com