KILAS DAERAH

Gubernur Olly Harap Eksistensi Gereja Bantu Selesaikan Masalah Negara

Kompas.com - 28/03/2019, 14:56 WIB
Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey memukul tetengkoren tanda secara resmi dimulainya Konferensi Gereja dan Masyarakat X Persekutuan Gereja-Gereja Di Indonesia (KGM X-PGI) di Yogyakarata, Kamis (28/3/2019).
Dok. Humas Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey memukul tetengkoren tanda secara resmi dimulainya Konferensi Gereja dan Masyarakat X Persekutuan Gereja-Gereja Di Indonesia (KGM X-PGI) di Yogyakarata, Kamis (28/3/2019).

KOMPAS.com - Gubernur Sulawesi Utara ( Sulut) Olly Dondokambey mengatakan, gereja-gereja di Indonesia harus menyatukan visi, misi, serta persepsi pelayanan seluruh kompenennya. Ini agar terciptanya pola pelayanan efektif bagi sesama.

Dengan demikian, kata Olly, eksistensi gereja mampu menghasilkan jalan keluar terhadap berbagai permasalahan kehidupan bergereja dan bernegara.

"Bahkan lebih dari itu, gereja juga selalu solid dengan seluruh komponen bangsa dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila, guna menanggulangi kemiskinan, ketidakadilan, radikalisme dan kerusakan lingkungan," ungkap Olly, seperti dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Kamis (28/3/2019).

Gubernur Olly sendiri mengatakan itu saat meresmikan Konferensi Gereja dan Masyarakat X Persekutuan Gereja-Gereja Di Indonesia (KGM X- PGI) di Sutan Raja Convention Centre, Minahasa Utara, Kamis (28/3/2019) pagi.


Lebih lanjut Olly mengatakan bahwa gereja harus memainkan peranannya dalam membangun karakter bangsa. Caranya adalah dengan memberikan pencerahan-pencerahan etik, moral dan spiritual kebangsaan, baik dari nilai-nilai agama, maupun nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

"Ini sebagai upaya mencari titik kesamaan dan pandangan yang sama tentang kehidupan berbangsa yang berkeadilan," beber Olly.

Adapun untuk seluruh peserta KGM X-PGI, Olly berharap agar mereka dapat membawa gereja-gereja di Indonesia pada peran dan sumbangsih yang semakin strategis, proaktif, dan sinergis. Hal ini sejalan dengan arah kebijakan dan program kerja pemerintah.

Apresiasi dukungan pemprov

Sementara itu, Ketum PGI Pdt. Henriette T. Hutabarat-Lebang yang juga hadir dalam peresmian tersebut mengapresiasi dukungan Pemerintah Provinsi Sulut atas terlaksananya KGM X-PGI.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Pemprov Sulut yang telah mendukung penuh penyelenggaraan konferensi ini," kata Pdt. Henriette.


Disamping itu, Ketum PGI mengajak pula seluruh peserta konferensi untuk ikut bersama-sama mengatasi masalah kemiskinan, ketidakadilan dan radikalisme di tengah masyarakat.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X