7 Fakta Hasil Survei Litbang "Kompas", Unggul di Wilayah Basis hingga Soal Militansi Pendukung

Kompas.com - 22/03/2019, 11:28 WIB
Calon Presiden Nomor Urut 01, Joko Widodo (kiri) dan no urut 02, Prabowo Subianto bersalaman usai Debat Kedua Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOCalon Presiden Nomor Urut 01, Joko Widodo (kiri) dan no urut 02, Prabowo Subianto bersalaman usai Debat Kedua Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

KOMPAS.com — Hasil survei Litbang Kompas menunjukkan tingkat elektabilitas kedua pasangan capres dan cawapres Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi di sejumlah wilayah mengalami perubahan.

Pasangan Jokowi-Ma'ruf secara keseluruhan masih unggul di wilayah Pulau Jawa, sedangkan Prabowo-Sandi menang di wilayah Sumatera.

Khusus di Jawa Barat dan Banten, Prabowo-Sandi mengungguli Jokowi-Ma'ruf dengan angka 47,7 persen, sementara Jokowi-Ma'ruf hanya 42,1 persen.

Namun, secara keseluruhan di Pulau Jawa, elektabilitas pasangan Jokowi-Amin mencapai 51,3 persen, sedangkan Prabowo-Sandi 34,0 persen.

Baca fakta lengkapnya berikut ini:

1. Jokowi-Ma'ruf masih kokoh di wilayah Jateng-DIY

Capres nomor urut 01 Joko Widodo menghadiri deklarasi dukungan 10.000 pengusaha untuk Jokowi-Maruf di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2019). KOMPAS.com/Ihsanuddin Capres nomor urut 01 Joko Widodo menghadiri deklarasi dukungan 10.000 pengusaha untuk Jokowi-Maruf di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2019).
Meski mengalami penurunan, elektablitas Jokowi-Ma'ruf di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta masih kokoh.

Predikat Jateng-DIY menjadi lumbung suara bukanlan isapan jempol belaka. Berdasarkan hasil survei Litbang Kompas yang dilakukan dari akhir Februari hingga awal Maret 2019, Jokowi-Ma'ruf meraih 61,6 persen.

Di wilayah yang sama, Prabowo-Sandi meraih 18,4 persen.

Baca Juga: Survei Litbang "Kompas", Ini Pilihan Capres-Cawapres Berdasarkan Wilayah

2. Jokowi-Ma'ruf masih unggul di wilayah Jawa Timur

 Presiden Joko Widodo ketika bersilaturahmi dengan para petani karet se-Provinsi Sumatera Selatan di Balai Pusat Penelitian Karet Sembawa, Kecamatan Sembawa, Kabupaten Banyuasin, Sabtu (9 /32019).
KOMPAS.com/AJI YK PUTRA Presiden Joko Widodo ketika bersilaturahmi dengan para petani karet se-Provinsi Sumatera Selatan di Balai Pusat Penelitian Karet Sembawa, Kecamatan Sembawa, Kabupaten Banyuasin, Sabtu (9 /32019).

Masih dari hasil survei Litbang Kompas, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf di wilayah Jawa Timur belum tergoyahkan.

Survei di wilayah tersebut menunjukkan elektabilitas pasangan Jokowi-Amin 57,1 persen, sedangkan Prabowo-Sandi 27,8 persen.

Namun, dibandingkan dengan survei yang dilakukan pada Oktober 2018, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf mengalami penurunan. Saat itu tercatat Jokowi-Ma'ruf mencatat 69,6 persen, sedangkan Prabowo-Sandi 18,8 persen.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X