Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polres Kendal Antisipasi Kemungkinan Terburuk Usai Pencoblosan

Kompas.com - 13/03/2019, 12:46 WIB
Slamet Priyatin,
Khairina

Tim Redaksi


KENDAL, KOMPAS.com- Polisi Resor (Polres) Kendal Jawa Tengah, akan menerjunkan 1.150 personelnya untuk mengamankan pemilu, 17 April 2019 mendatang.

Dari 1.150 personel, 1.000 orang dari Polres Kendal dan 150 personel lainnya bantuan dari Polda Jawa Tengah.

Kapolres Kendal AKBP Hamka Mapaitta, usai menyaksikan simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) di halaman Stadion Kebundalem mengatakan, selain dari personel polisi juga ada linmas, TNI, dan Satpol PP yang ikut membantu pengamanan pemilu tersebut.

“Nanti 2 polisi akan menjaga 4 TPS,” ujar Hamka, Rabu (13/3/2019).

Baca juga: Pemilu Kian Dekat, Ini yang Menjadi Fokus Pengamanan Polri

Hamka menegaskan, pihaknya juga menyiapkan kemungkinan-kemungkinan terburuk usai pencoblosan.

Kemungkinan terburuk tersebut, diantaranya kericuhan massa yang tidak terima dengan hasil penghitungan suara yang dilakukan oleh KPU Kendal.

“Nah, tadi kami telah melakukan simulasi pengamanan. Tapi kami yakin, kalau di Kendal pemilu akan berjalan aman. Baik sebelum maupun sesudah pencoblosan,” jelasnya.

Menurut Hamka, tingkat kerawanan Pemilu di Kendal, saat pengiriman surat suara. Baik saat pengiriman surat suara dari KPUD Kendal ke desa, maupun sebaliknya. Sebab, jaraknya jauh.

“Tapi kami tetap membantu melakukan pengawalan pengiriman surat suara, dari KPUD ke desa maupun dari desa ke TPS,” tegasnya. 

Kompas TV Guna menjaga keamanan pemilu 2019, TNI Angkatan Laut wilayah Komando Armada I mengerahkan 1.100 personelnya. Hal ini berdasarkan permintaan dari pemerintah daerah dan Polri, sebagai bentuk integrasi bantuan pengamanan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com