Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boeing 737 Max 8 Lion Air dari India yang Ditahan di Makassar Berpenumpang Jemaah Umrah

Kompas.com - 13/03/2019, 11:47 WIB
Hendra Cipto,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


MAKASSAR, KOMPAS.com – Pesawat Boeing 737 Max 8 Lion Air dari India yang ditahan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, disebut mengangkut ratusan jemaah umrah asal Indonesia yang akan kembali ke Jakarta.

ATS Operational Coordinator AirNav Indonesia Cabang Utama Makassar Air Traffic Service Center (MATSC), Yuyun Nugraha mengatakan, pesawat tersebut transit di India sebelum kembali ke Indonesia.

Baca juga: RI Bisa Larang Boeing 737 Max 8 Melintas Seperti Singapura

Jemaah umrah yang diangkut pesawat Boeing 737 Max 8 Lion Air dari Jakarta. Setibanya di Makassar, pesawat ditahan dan tidak boleh lagi diterbangkan sesuai keputusan Kementerian Perhubungan yang melarang pesawat Boeing 737 Max 8 terbang untuk sementara waktu. Sehingga, ratusan jemaah umrah dialihkan ke pesawat lainnya dengan tipe Boeing 739 ER oleh pihak Lion Air menuju ke Jakarta,” kata Yuyun, Rabu (13/3/2019).

Yuyun mengatakan, pesawat Boeing 737 Max 8 Lion Air masih tertahan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar untuk sementara waktu hingga ada keputusan dari Kementerian Perhubungan.

“Kami akan tetap mengawasi penerbangan pesawat Boeing 737 Max 8 yang dilarang terbang di Indonesia,” tambah dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com