Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Slank Ajak Warga Jawa Tengah Ikuti Apel Kebangsaan

Kompas.com - 12/03/2019, 08:25 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com – Grup band legendaris, Slank, mengajak masyarakat Jawa Tengah untuk ikut serta dalam Apel Kebangsaan, yang rencananya digelar di Lapangan Simpang Lima, Semarang, pada Minggu (17/3/2019) mendatang.

Ajakan Slank tersebut diwakili oleh sang vokalis, Kaka, dalam sebuah video yang dipublikasikan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, saat konferensi pers Apel Kebangsaan di Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangponlinmas).

Tidak hanya Slank, sejumlah musisi tanah air juga ikut serta seperti Letto, dan pedangdut Nella Kharisma.

Apel kebangsaan dengan tema ‘Kita Merah Putih’ itu rencananya diikuti 130 ribu peserta dari 35 kabupaten/kota di Jateng.

Baca juga: Hadiri Apel Kebangsaan, Jokowi Minta Banser dan Kokam Rawat Kebhinekaan

“Slank dan lainnya sudah pasti semua. Semua yang saya sampaikan tadi sudah terkonfirmasi kehadirannya,” ujar Kepala Bakesbangpol Jawa Tengah, Achmad Rofai, saat konferensi pers di kantornya, Senin (11/3/2019).

Rofai menjelaskan, Slank dan para musisi lain telah memastikan kehadirannya untuk menggelorakan semangat nasionalisme. Apel kebangsaan juga nantinya dihadiri sejumlah pemuka agama dan tokoh lintas agama, termasuk pimpinan Polri dan pimpinan TNI.

Sementara para pesertanya yaitu seluruh komponen yang ada di Jawa Tengah baik, masyarakat umum, santri, pramuka, linmas, pekerja, petani, nelayan, pelajar, seniman, mahasiswa, pelajar, tokoh lintas agama hingga olahragawan dan hingga kaum difabel.

“Ini apel kebangsaan pertama yang dihadiri ratusan ribu orang. Seluruh peserta yang datang juga tidak dibolehkan membawa atribut apapun, kecuali merah putih,” katanya.

Baca juga: Ribuan Anggota GP Ansor Hadiri Apel Kebangsaan

Apel kebangsaan nantinya dibagi menjadi dua segmen. Kegiatan dimulai pukul 06.00 WIB sampai 12.00 WIB. Ada beberapa panggung hiburan yang disiapkan. Di lapangan Simpang Lima, ada empat panggung yang disiapkan untuk menggelorakan semangat nasionalisme.

Panggung utama nantinya akan dimeriahkan oleh Slank. Sementara panggung di Jalan Pahlawan akan dimeriahkan oleh pedangdut Nella Kharisma.

Bukan kampanye

Terkati apel Kebangsaan, Rofai menegaskan, bahwa kegiatan ini bukan bagian dari kampanye mendukung salah satu pasangan calon di Pilpres, ataupun calon legislatif. Semua peserta diminta tidak membawa atribut apapun, kecuali merah putih.

Selain itu, pemilihan waktu dimana tepat 1 bulan sebelum pencoblosan juga bukan bagian dari kampanye mendukung salah satu pihak. Apel kebangsaan dinilai hanya kebetulan waktunya yang berbarengan.

"Tidak ada kaitan Pileg dan Pilpres. Memang waktunya berdekatan, ini untuk menggelorakan semangat kebangsaan. Ini tidak politis. Ada 130 ribu yang datang dan itu tidak gunakan simbol apapun. Tidak ada atribut di luar merah putih. Semua gunakan ikat kepala merah putih,” pungkasnya. (K93-14)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com