Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Hektar Lahan Terendam Banjir, Petani Magetan Merugi

Kompas.com - 11/03/2019, 12:22 WIB
Sukoco,
Khairina

Tim Redaksi

MAGETAN , KOMPAS.com - Pascabanjir di Kabupaten Magetan, ratusan petani mengaku merugi karena padi siap panen yang mereka tanam terendam banjir.

Bahkan, sebagian petani gagal panen karena padi mereka terendam lumpur.

Nardi, salah satu petani warga Desa Jajar Magetan mengatakan, para pedagang gabah membeli dengan harga murah padi milik petani korban banjir karena hasil berasnya hitam.

“Biasanya Rp 530.000 per kuintalnya, kalau gabah petani yang terendam banjir paling banter Rp 370.000 karena hasil berasnya hitam,” ujarnya Senin (11/03/2019).

Baca juga: Pemprov Jatim Ambil Langkah Cepat Tangani Banjir Trenggalek

Di Kabupaten Magetan sendiri, luasan lahan yang terdampak banjir diperkirakan lebih dari 150 hektar.

Camat Kartoharjo Suwito mengatakan, sebanyak 5 desa terdampak banjir dari meluapnya Sungai Madiun pada Selasa (5/3/2019) lalu.

“Desa Ngelang itu sekitar 70 hektar, Desa Jajar itu 50 hektar, desa sebelah Kutoharjo itu 20 hektar dan Sukowidi itu juga terdampak 10 hektar. Itu semuanya siap panen,” ujarnya ditemui di Desa Ngelang melihat kondisi warga pasca banjir.

Suwito menambahkan, banjir tahun ini merupakan banjir terparah karena dampak banjir sebelumnya hanya beberapa hektar lahan petani yang terdampak.

Bagi petani yang terdampak banjir, Pemerintah Daerah Magetan melalui Dinas Pertanian memastikan akan mendapat asuransi mengingat lahan petani yang rentan terendam banjir telah dimasukkan dalam program asuransi.

“Dari sebagian besar itu sudah diantisipasi masuk asuransi pertanian. Kemarin ditinjau langsung oleh tim teknisnya asuransi,“ tambah Suwito

Sebelumnya. sebanyak 5 desa di Kecamatan Kutoharjo Kabupaten Magetan terendam banjir dari luapan sungai di Madiun sejak Selasa (5/3/2019).

Akibatnya, perumahan sebanyak 400 kepala keluarga di Desa Jajar dan Desa Ngelang terendam banjir.

Banjir mulai surut sejak Sabtu lalu dan saat ini warga mulai kembali beraktivitas seperti biasa.

Kompas TV Bencana banjir yang sempat terjadi di #Tol Ngawi-Kertosono menyisakan #ceritaheroik. Sejumlah pengguna tol menyelamatkan satu keluarga yang terjebak #banjirditol. Salah satu penyelamat adalah seorang anggota kepolisian dari Polres Kediri, #AiptuSujadhy. Atas aksinya menyelamatkan korban banjir, Aiptu Sujadhy mendapat penghargaan dari Kapolres Kediri. Aiptu Sujadhy pun menceritakan detik detik penyelamatan satu keluarga korban banjir itu.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com