Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syahrul Limpo Sebut Video Dukungan 15 Camat ke Capres Sudah Diedit

Kompas.com - 05/03/2019, 21:24 WIB
Hendra Cipto,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com – Mantan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Syahrul Yasin Limpo mengatakan, telah memberikan klarifikasi terkait dugaan video dukungan 15 camat di Sumsel terhadap calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Selasa (5/3/2019).

Klarikasi itu disampaikan Syahrul saat memenuhi panggilan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel. 

“Saya hadir untuk mengklarifikasi video camat itu. Video itu hanya selfie-selfie dengan camat dan happy-happy saja. Bagi saya, sebenarnya sih tidak ada pikiran-pikiran lain untuk membuat video yang lain-lain,” katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa.

Baca juga: 15 Camat Dikawal Super Hero Avengers Saat Diperiksa Bawaslu Sulsel

Syahrul mengatakan, video yang beredar viral di media sosial itu sudah diedit oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Syahrul juga telah menyiapkan 20 pengacara untuk menjelaskan video tersebut. 

“Oleh karena itu, saya sudah mempersiapkan 20 pengacara akan menerangkan seperti apa sih itu. Karena tidak ada niat apa-apa dari video tersebut. Selain dokumentasi pribadi saya di satu tempat, saya tidak tahu kenapa ada masalah seperti ini. Saya yakin tidak ada orang yang berani berbuat seperti di muka saya. Saya tidak akan tinggal diam,” ujarnya.

Syahrul mengaku heran, ada orang yang tega membuat video seperti itu. Padahal dirinya mengaku tidak berbuat seperti yang ada dalam video tersebut. Dia bertemu camat tersebut karena ada sebagian dari camat yang merupakan mantan anak buahnya dulu.

“Rata-rata itu camat bekas anak buah saya, pernah bersentuhan, karena saya 25 tahun menjadi kepala daerah. Pasti begitu ketemu, ayo kita video sama-sama, dan itu video dalam beberapa momen, dan tidak seperti itu. Saya sendiri saja sudah lupa itu dimana momen itu. Saya sudah melaporkan ke Bawaslu terkait ini. Jadi saya tekankan sekali lagi, saya tidak pernah berbuat seperti yang di video itu dan itu video editan,” ujarnya.

Baca juga: Ketua DPR Minta Bawaslu Serius Selidiki 15 Camat Terkait Dugaan Pelanggaran Netralitas

Sebelumnya, beredar luas video diduga mantan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo dan 15 camat di Kota Makassar menyatakan dukungannya kepada Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf.

Di dalam video berdurasi 1 menit 26 menit ini terlihat, 15 camat dipimpin Syahrul Yasin Limpo memberikan dukungan kepada salah satu calon presiden sambil mengajungkan jari tulunjuknya.

Video tersebut menampilkan cuplikan sejumlah wajah-wajah camat. Mereka sambil mengangkat jari telunjuk satu dan sebagian camat masih ada berpakaian seragam dinas.

15 camat tersebut yakni, Camat Rappocini, Camat Mamajang, Camat Ujung Tanah, Camat Tamalanrea, Camat Tallo, Camat Kepulauan Sangkarang, Camat Biringkanaya, Camat Makassar, Camat Manggala, Camat Bontoala, Camat Panakkukang, Camat Ujung Pandang, Camat Tamalate, Camat Mariso dan Camat Wajo.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com