22 Rumah di Sumedang Rusak akibat Angin Puting Beliung

Kompas.com - 23/02/2019, 19:33 WIB
Anggota BPBD Sumedang bersama warga di lokasi rumah rusak akibat angin puting beliung, Sabtu (23/2/2019) sore. KOMPAS.com/AAM AMINULLAHAnggota BPBD Sumedang bersama warga di lokasi rumah rusak akibat angin puting beliung, Sabtu (23/2/2019) sore.

SUMEDANG, KOMPAS.com - Sebanyak 22 rumah di Dusun Babakan Hurip RT 02/08, Kelurahan Kota Kaler, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat rusak diterjang angin puting beliung, Sabtu (23/2/2019) sore.

Supervisor Pusat Data dan Laporan Operasional Pusdalops BPBD Sumedang Ruli Surya mengatakan, angin puting beliung terjadi saat hujan lebat mengguyur kawasan Sumedang sekitar pukul 15.00 WIB.

"Angin puting beliung terjadi sesaat sebelum hujan turun tadi sekitar pukul 15.00-an," ujar Ruli kepada Kompas.com, di lokasi kejadian, Sabtu petang.

Baca juga: Kesaksian Petugas SPBU Saat Puting Beliung Landa Sukabumi, Angin Kencang 15 Menit, Atap Berjatuhan

Dari 22 rumah yang mengalami kerusakan, Ruli menyebutkan, tiga rumah rusak berat, dan 19 rumah lainnya rusak ringan.

"Selain merusak puluhan rumah, angin puting beliung juga mengakibatkan sejumlah pohon di lokasi ini tumbang," kata dia.

Selain 22 rumah rusak, angin puting beliung juga mengakibatkan 4 pohon tumbang yaitu pohon kepala, pohon alpukat, pohon limus, dan pohon bambu.

"Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa. Untuk kerugian material dari laporan yang kami catat baru Rp50 juta akibat rumah warga yang rusak. Tapi belum di-assesment karena belum tercatat semua," ujar Ruli.

Baca juga: Angin Puting Beliung Rusak Rumah Warga di Sukabumi

Ruli mengatakan, selain melakukan evakuasi warga, BPBD Kabupaten Sumedang juga mulai membantu warga memperbaiki rumah yang rusak akibat angin puting beliung.

"Sementara ini kami membantu evakuasi warga dan memperbaiki rumah yang rusak. Akan kami laporkan segera dan semoga bisa segera turun bantuan, khususnya untuk warga yang rumahnya rusak berat," kata dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X