Hasto Klaim Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf Ungguli Prabowo-Sandi di Jawa Barat

Kompas.com - 23/02/2019, 18:07 WIB
Sekretaris Jenderal DPP PDI-P Hasto Kristiyanto KOMPAS.com/IhsanuddinSekretaris Jenderal DPP PDI-P Hasto Kristiyanto

KOMPAS.com - Sekretaris Tim Kampanye Nasional Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto mengklaim elektabilitas pasangan calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf di Jawa Barat terus meningkat, dan saat ini sudah mulai mengungguli pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Hasto mengatakan, hal itu berdasarkan hasil survei internalnya. Hasto mengatakan, dari hasil survei itu, pasangan Jokowi-Ma'ruf unggul 4,1 persen dari pasangan Prabowo-Sandiaga di Jawa Barat.

"Dari hasil kerja partai pengusung dan relawan, menunjukkan tren yang positif kepada Jokowi-Ma'ruf, sehingga saya meyakini elektabilitasnya masih akan terus naik," ujar Hasto saat menghadiri rangkaian Safari Politik Kebangsaan VIII di Kota Bandung, Sabtu (23/2/2019).

Hasto meyakini, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf  tidak stagnan sampai di situ, tapi masih akan terus bergerak hingga pemilihan pada 17 April mendatang.

Baca juga: Jokowi Dilaporkan karena Diduga Bohong, Ini Kata Hasto

Hasto juga menyakini, banyaknya dukungan dari elemen masyarakat maupun para tokoh di Tanah Pasundan yang akan semakin menguatkan kemenangan pasangan Jokowi-Ma'ruf.

Hasto menyebut, para tokoh Jawa Barat yang secara tegas menyatakan dukungannya kepada Jokowi-Ma'ruf, antara lain Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, mantan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, mantan Menteri Agum Gumelar, Mantan Gubernur Jawa Barat Solihin GP, dan para habib yang salah satunya Habib Alwi.

"Secara sosiologis di Jawa Barat, dukungan para tokoh itu menjadi referensi bagi masyarakat. Ketika mereka bersatu, maka ini menjadi sebuah gerak bersama bagi masyarakat pendukung Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf," ungkap Hasto.

Sebelumnya, Dewan Pengarah Tim Kampanye Daerah (TKD) Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Jawa Barat, Ridwan Kamil, saat bertemu dengan Hasto Kristiyanto, Jumat (22/2/2019) malam, mengatakan, berdasarkan hasil pantauan di lapangan dan hasil survei, dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf trennya positif dan terus meningkat.

Baca juga: Hasto Sindir Fadli Zon yang Sebut Keluarga Jokowi Pencitraan

Menurut Ridwan, kalau pada Pemilu 2014, Jokowi-Jusuf Kalla kalah 20 persen di Jawa Barat, tapi masih terpilih sebagai presiden dan wapres.

"Saat ini, dari hasil survei mengindikasikan sudah seimbang dan bahkan beberapa survei lainnya sudah lebih," ucapnya.

Ridwan juga menyebut, dari hasil pemantauan lapangan, ada sekitar empat juta pemilih di Jawa Barat yang pada Pemilihan Presiden 2014 tidak memilih Jokowi, tapi pada Pemilu 2019 akan memilih Jokowi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Antara
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X