Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ma'ruf Amin: Jangan-jangan Mereka Kebanyakan Nonton Mission Impossible...

Kompas.com - 19/02/2019, 15:02 WIB
Acep Nazmudin,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

SERANG, KOMPAS.com - Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin menanggapi soal isu yang menyebut jika Joko Widodo menggunakan alat komunikasi saat debat kedua Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (18/2/2019).

Ma'ruf menyebut, hal tersebut terlalu mengada-ada dan orang yang menghembuskan isunya kebanyakan nonton film.

"Jangan-jangan mereka kebanyakan nonton film, film Mission Impossible itu," kata Ma'ruf, saat melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren An Nawawi, di Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang, Banten, Selasa (19/2/2019).

Baca juga: Tudingan Alat Bantu Komunikasi Jokowi saat Debat Kedua

Untuk itu, Ma'ruf tidak takut jika nanti saat debat ketiga dirinya bakal dicurigai menggunakan alat bantu. Karena, kata dia, hal tersebut tidak akan terjadi.

"Saya ini kan enggak pernah begitu-begitu ya, mungkin itu gimana ya, kok saya diisukan pecinya dipakein apa gitu, kacamatanya, padahal saya enggak pernah begitu-begitu, saya kan kiai, kiai itu kan apa adanya saja," kata dia.

Ma'ruf juga mengatakan, Jokowi tidak perlu menggunakan alat bantu komunikasi saat debat lantaran sudah menguasai materi di dalam kepala.

Baca juga: Antasari Azhar Pertanyakan Banyak Bangku Kosong Saat Pelantikan Kader Garda Jokowi

"Bahwa beliau tahu semua data karena beliau pelaku, sebagai seorang presiden yang mengurusi semua itu, hari-hari mencatat prestasi dan perkembangannya, tentu hapal data, Enggak usah disuplai dari mana beliau sudah ngantongin. Saya sudah bilang kalau itu semua ada di dalam kepalanya Pak Jokowi. Kalau saya adanya di luar kepala saya," kata dia.

"Kalau beliau ada di dalam, karena sebagai orang yang melakukan. Menurut saya kurang berdasar itu (tudingan)," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com