Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa di Lebak Magnitudo 5,2 Dirasakan hingga Sukabumi

Kompas.com - 14/02/2019, 12:30 WIB
Budiyanto ,
Khairina

Tim Redaksi


SUKABUMI, KOMPAS.com - Getaran gempa bermagnitudo 5,2 yang berpusat di Lebak, Banten juga dirasakan sejumlah warga di wilayah Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (14/2/2019) sekitar pukul 06.41 WIB.

Berdasarkan laporan sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, hingga pukul 08.00 WIB getaran gempa dirasakan sejumlah warga di wilayah Kecamatan Kabandungan.

"Yang baru melaporkan adanya warga yang merasakan getaran gempa dari Kecamatan Kabandungan," ungkap Koordinator Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) Penanggulangan Bencana, BPBD Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna kepada Kompas.com lewat pesan singkat, Kamis.

"Untuk sementara belum ada laporan terdampak. Dan mudah-mudahan aman," sambung dia.

Baca juga: Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Lebak, Banten

Sementara, sejumlah warga di sekitar bekas lokasi bencana tanah longsor perbukitan Gunung Sorandil, Dusun Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok juga merasakan getaran gempa kecil dan sebentar.

"Ya terasa ada getaran, namun kecil dan sebentar," ungkap Asep Supriawan, guru SMP Negeri 3 Cisolok Satu Atap di Dusun Cimapag saat dikonfirmasi Kompas.com melalui pesan WhatsApp.

Kepala Dusun Cimapag Lili Amaludin menambahkan, untuk sementara tidak ada dampak gempa Lebak yang terjadi pagi ini di Dusun Cimapag.

"Alhamdulillah tidak ada apa-apa, kami baik-baik saja," jawab Lili dalam pesan singkatnya.

Data yang yang diterima Kompas.com dari Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Serang, menyebut, gempa terjadi pada pukul 06.41 WIB.

Titik lokasi gempa berada di 7.07 lintang selatan dan 105.75 bujur timur, atau 79 kilometer di barat daya Kabupaten Lebak dengan kedalaman 21 kilometer.

Pihak BMKG merilis jika gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Kompas TV Gempa yang terjadi di Kepulauan Mentawai membuat warga panik, Sabtu (2/2). Teriakan dan tangis histeris warga di Pulau Pagai Selatan terdengar pada saat gempa bermagnitudo6,0 terjadi. Selain di Pagai Selatan, gempa juga membuat warga di pulau lainnya di Kabupaten Kepuluan Mentawai panik dan berlarian keluarrumah dan bangunan. Namunsejauh ini,belum ada laporan dampak kerusakan maupun korban jiwa atas peristiwa gempaitu.Warga diminta untuk tetap waspada akan adanya gempa susulan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com