2.298 Kotak Suara Rusak Terkena Air di Cirebon

Kompas.com - 12/02/2019, 19:48 WIB
Seorang warga sedang melihat tumpukan kardus kotak surat suara yang rusak di dalam gudang logistik KPU di Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Selasa (12/2/2019). Kompas.com/ MUHAMAD SYAHRI ROMDHON Seorang warga sedang melihat tumpukan kardus kotak surat suara yang rusak di dalam gudang logistik KPU di Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Selasa (12/2/2019).

CIREBON, KOMPAS.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Asep Saefudin Jazuli mengatakan, 2.298 kotak surat suara rusak terkena air di gudang logistik KPU Kabuoaten Cirebon. Kerusakan terjadi sejak Sabtu hingga Selasa (12/2/2019). 

“Dari jumlah ( kotak suara) yang sudah dirakit sebanyak 14.715, yang rusak dan tidak dapat dipakai 2.298. Sehingga jumlah kotak yang aman dan tidak terkena dampak sebanyak 12.417. Semuanya sudah diamankan di tempat masing-masing dengan palet,” kata Asep kepada Kompas.com di kantor KPU Cirebon, Selasa.

Baca juga: Jumlah Kotak Suara Rusak di Cirebon Bertambah

Asep mengatakan, pihaknya telah melaporkan kerusakan kotak suara kepada KPU Provinsi Jawa Barat dan KPU RI. Pihaknya juga sudah mengajukan permohonan penggantian kotak surat suara sesuai dengan jumlah yang rusak.

Asep mengatakan, pihaknya akan menjalankan rekomendasi yang disampaikan Bawaslu, salah satunya dengan tidak menggunakan kembali gudang logistik sebelumnya.

KPU Kabupaten Cirebon sedang mencari gudang logistik baru yang sesuai dengan ketetapan KPU RI.

Baca juga: Ribuan Kotak Suara di Cirebon Rusak, Bawaslu Sebut KPU Kecolongan

“Semua logistik yang ada di gudang semula akan segera kita pindahkan, tempatnya belum kami dapatkan. Bawaslu menyatakan dan merekomendasikan bahwa gudang dinyatakan sudah tidak layak. Karena rekomendasi sifatnya wajib, ya kita lakukan,” ujar Asep.



Close Ads X