Hadiri Perayaan HPN, Jokowi Ajak Media Bangun Optimisme Masyarakat

Kompas.com - 09/02/2019, 10:53 WIB
Jokowi menghadiri puncak Hari Pers Nasional di Grand City Surabaya, Sabtu (9/2/2019)KOMPAS.com/ACHMAD FAIZAL Jokowi menghadiri puncak Hari Pers Nasional di Grand City Surabaya, Sabtu (9/2/2019)

SURABAYA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengajak insan pers untuk terus membangun optimisme masyarakat dalam pemberitaan yang dibuatnya.

Dia juga mengajak insan pers memberikan kritik yang konstruktif bagi jalannya penerintahan.

"Media sosial dan media arus utama harus terus mempertahankan misinya membangun optimisme dan mengungkap kebenaran," kata Jokowi dalam sambutannya di puncak Hari Pers Nasional di Surabaya, Sabtu (9/2/2019).

Fungsi kontrol sosial dan pemberi kritik konstruktif kepada negara, kata Jokowi harus tetap dipertahankan oleh institusi pers.

"Negara menjamin kebebasan pers sepanjang dilakukan dalam koridor beretika dan sesuai undang undang pers dan undang undang penyiaran," jelasnya.

Baca juga: Saat Soeharto Menetapkan Hari Pers Nasional...

Jokowi juga mengajak insan pers menyampaikan pembangunan dan manfaat pembangunan bagi masyarakat.

"Masyarakat harus mendapatkan informasi tentang manfaat pembangunan dan capaian pembangunan secara utuh," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi menyindir bahwa era saat ini semua orang bisa menjadi wartawan, dan semua orang bisa menjadi pemimpin redaksi.

Baca juga: KG Media Ajak Pemilih Muda Memilih di Ajang Hari Pers Nasional 2019

Karena kebebasan itu, lalu muncul pemberitaan media yang menyebarkan ketakutan dan pesimisme.

"Karena itu media arus utama harus bisa menjadi penjernih informasi dan melakukan tugasnya memverifikasi informasi," ucap Jokowi.


Terkini Lainnya


Close Ads X