193 WN Bangladesh yang Disekap dan Ditelantarkan di Ruko Legal

Kompas.com - 08/02/2019, 15:37 WIB
Ilustrasi imigranKOMPAS.com/ Kiki Andi Pati Ilustrasi imigran

MEDAN, KOMPAS.com - Para imigran asal Bangladesh yang disekap di sebuah ruko di Jalan Pantai Barat, Kota Medan, ternyata masuk ke Indonseia secara legal.

Diduga kuat, para imigran tersebut sengaja ditelantarkan oleh oknum penyalur tenaga kerja. 

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Medan, Ferry Monang Sihite mengatakan, para imigran tersebut masuk ke Indonesia dengan menggunakan fasilitas bebas visa kunjungan.

"Jadi, mereka ( Imigran) ini masuk secara legal, memanfaatkan fasilitas bebas visa kunjungan. Kemudian, mereka dititipkan ke Medan untuk rencananya dipekerjakan ke Malaysia. Ternyata, mereka tidak dikirim-kirim juga ke Malaysia, hingga mereka dibiarkan kelaparan di ruko tempat penampungan mereka," kata Ferry, seperti dilansir dari Tribunnews.com, Kamis (7/2/2019).

Baca Juga: Masuk Kota Medan Tanpa Dokumen, 193 WN Bangladesh Diamankan

Saat ini, petugas masih mencari pelaku agen tenaga kerja yang menyekap dan menelantarkan 193 WN Bangladesh tersebut.

"Kami belum tahu siapa pemiliknya, hanya saja satu orang pegawai ruko masih dilakukan pemeriksaan. Untuk siapa perekrutnya masih kami tunggu perkembangan penyelidikan tim kami dengan Polrestabes Medan," kata dia.

Selama proses penyelidikan, petugas terus menyuplai bahan makanan dan kebutuhan para imigran.

"Yang lebih dulu, adalah bagaimana mereka ini tidak lapar lagi. Soalnya kalau lapar manusia bisa berbuat apapun. Makanya sembari berjalan mereka kami cukupkan dulu makannya," ucap Ferry, yang rencananya akan menjabat Direktur Intelijen Imigrasi Kemenkumham RI ini.

Baca Juga: Imigrasi Amankan 3 WNA Berdalih Ingin Masuk Klub Bola hingga Lanjutkan Studi

Seperti diketahui, 193 WN Bangladesh itu ditemukan di sebuah ruko di Jalan Pantai Barat oleh warga, pada Rabu (6/2/2019) dini hari. Saat itu, warga curiga setelah mendengar suara gaduh dari dalam ruko.

“Awalnya ada ribut-ribut, lalu dilaporkan ke kami,” kata Kepala Lingkungan setempat, Bebi Anisa, Rabu (6/2/2019) dini hari.

Artikel ini telah tayang di tribun- medan.com dengan judul :WN Bangladesh Manfaatkan Bebas Visa Indonesia Untuk Cari Kerja di Malaysia

 



Close Ads X