Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dirujuk Ke RSHS, Sunarti, Perempuan Obesitas Asal Karawang Mengeluh Sesak Nafas

Kompas.com - 01/02/2019, 21:58 WIB
Agie Permadi,
Khairina

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Sunarti (39), wanita penderita obesitas dengan bobot sekitar 148 kilogram ini dirujuk ke Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

Sunarti tiba di RSHS pada Kamis (31/1/2019) sekitar pukul 20.48 wib.

"Rumah Sakit Hasan Sadikin mendapat rujukan dari rumah sakit Karawang yaitu pasien wanita umur 39 tahun, memang pasien ini gemuk sekali dan dirujuk ke sini karena butuh tindakan kami dan kini sudah ada di RSHS," kata Direktur SDM dan Pendidikan RSHS Bandung Yana Akhmad Supriatna, di RSHS Bandung, Jumat (1/2/2019).

Secara medis, pihak RSHS akan melakukan evaluasi kondisi pasien. Namun, berdasarkan laporan sementara, pasien dalam kondisi yang baik hanya mengeluh sesak nafas.

"Berdasarkan laporan dari para dokter yang sudah memeriksa pasien kondisinya baik memang agak sedikit keluhan sesak," katanya.

Baca juga: Sunarti, Perempuan Obesitas asal Karawang Dirujuk ke RSHS Bandung

Adapun keluhan sesak tersebut diduga akibat obesitas yang dideritanya.

"Hasil evaluasi sudah sempat dilakukan pemeriksaan jantung, parunya yang kondisinya cukup baik, sesak kemungkinan karena fisik mekanik tanda kegemukan," ujarnya.

Selanjutnya, pihak RSHS akan melakukan pelayanan kesehatan terhadap Sunarti, tidak menutup kemungkinan warga Karawang tersebut akan dirawat sementara di RSHS.

"Tidak ada kegawatdaruratan, tapi pasien akan kami rawat dan evalausi untuk tindakan apa yang bisa dilakukan untuk pasien," jelas Yana.

Sebelumnya diberitakan, karena obesitas yang diderita Sunarti, warga Perum Terangsari, Desa Cibalongsari, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang itu dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RsUD) Karawang, sampai akhirnya dirujuk ke RSHS setelah menjalani serangkaian pemeriksaan, seperti jantung, gula darah hingga paru-paru.

Dalam enam bulan terakhir, perempuan tersebut tidak bisa berjalan. Sunarti hanya tergolek di rumahnya di Kabupaten Karawang.

Kompas TV Sunarti, perempuan dengan obesitas di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, akan menjalani penanganan medis di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung. Dengan peralatan medis yang lebih mendukung, Sunarti diharapkan bisa menurunkan berat badannya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com