Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sunarti, Perempuan Obesitas asal Karawang Dirujuk ke RSHS Bandung

Kompas.com - 01/02/2019, 21:06 WIB
Farida Farhan,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Sunarti, warga Karawang penderita obesitas dirujuk ke Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut, Kamis (31/1/2019) petang.

"Iya, dirujuk ke RSHS Bandung setelah dirawat selama dua hari," kata Humas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang, Ruhimin, Jumat (1/2/2019).

Ruhimin mengungkapkan, perempuan berumur 39 tahun dengan berat badan 148 kilogram tersebut dirujuk ke RSHS Bandung untuk ditangani lebih lanjut dengan fasilitas kedokteran yang lebih memadai.

Baca juga: Keinginan Pertama Sunarti Jika Sembuh dari Obesitas 148 Kilogram...

 

Sebab, RSUD Karawang hanya melakukan skrining atau mengidentifikasi kemungkinan adanya penyakit yang belum terdiagnosis.

"RSUD (Karawang) melakukan skrining dulu. Kami melakukan pemeriksaan awal, takutnya ada penyakit tertentu akibat kegemukan itu," kata dia.

Ruhimin menyebutkan, selama dirawat di RSUD Karawang, perempuan yang tinggal di Perum Terangsari, Blok E9 Nomor 25, Desa Cibalongsari, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, itu telah menjalani serangkaian pemeriksaan, di antaranya gula darah, jantung, hingga paru-paru.

"Hasil pemeriksaan pada Jantung cukup bagus. Namun, dia sempat gagal dilakukan foto rontgen. Foto Rontgen dilakukan hingga tiga kali, ketiga kalinya baru bisa," kata dia.

Baca juga: Pola Makan Tak Seimbang dan Minim Aktivitas, Penyebab Sunarti Alami Obesitas

Hal tersebut, kata dia, sama seperti penanganan Arya Permana, bocah obesitas asal Karawang, yang juga dirujuk ke RSHS Bandung.

"Saat itu, Arya dirujuk ke sana (RSHS Bandung), kemudian dokter menemukan obesitasnya berakibat pada bagian lambung," kata dia.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com