Sunarti, Perempuan Obesitas asal Karawang Dirujuk ke RSHS Bandung

Kompas.com - 01/02/2019, 21:06 WIB
Sunarti (39), penderita obesitas tengah menjalani perawatan di RSUD Karawang, Kamis (31/1/2019).
KOMPAS.com/FARIDA FARHANSunarti (39), penderita obesitas tengah menjalani perawatan di RSUD Karawang, Kamis (31/1/2019).
KARAWANG, KOMPAS.com - Sunarti, warga Karawang penderita obesitas dirujuk ke Rumah Sakit Hasan Sadikin ( RSHS) Bandung, untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut, Kamis (31/1/2019) petang.

"Iya, dirujuk ke RSHS Bandung setelah dirawat selama dua hari," kata Humas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang, Ruhimin, Jumat (1/2/2019).

Ruhimin mengungkapkan, perempuan berumur 39 tahun dengan berat badan 148 kilogram tersebut dirujuk ke RSHS Bandung untuk ditangani lebih lanjut dengan fasilitas kedokteran yang lebih memadai.

Baca juga: Keinginan Pertama Sunarti Jika Sembuh dari Obesitas 148 Kilogram...

 

Sebab, RSUD Karawang hanya melakukan skrining atau mengidentifikasi kemungkinan adanya penyakit yang belum terdiagnosis.

"RSUD (Karawang) melakukan skrining dulu. Kami melakukan pemeriksaan awal, takutnya ada penyakit tertentu akibat kegemukan itu," kata dia.

Ruhimin menyebutkan, selama dirawat di RSUD Karawang, perempuan yang tinggal di Perum Terangsari, Blok E9 Nomor 25, Desa Cibalongsari, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, itu telah menjalani serangkaian pemeriksaan, di antaranya gula darah, jantung, hingga paru-paru.

"Hasil pemeriksaan pada Jantung cukup bagus. Namun, dia sempat gagal dilakukan foto rontgen. Foto Rontgen dilakukan hingga tiga kali, ketiga kalinya baru bisa," kata dia.

Baca juga: Pola Makan Tak Seimbang dan Minim Aktivitas, Penyebab Sunarti Alami Obesitas

Hal tersebut, kata dia, sama seperti penanganan Arya Permana, bocah obesitas asal Karawang, yang juga dirujuk ke RSHS Bandung.

"Saat itu, Arya dirujuk ke sana (RSHS Bandung), kemudian dokter menemukan obesitasnya berakibat pada bagian lambung," kata dia.

 

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X