Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil: Posko Satgas dan Citarum Expo, agar Tak Ada Lagi yang Belanjakan Anggaran Tanpa Ngobrol

Kompas.com - 15/01/2019, 10:15 WIB
Dendi Ramdhani,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan membuat Pos Komando Satuan Tugas Citarum di kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Barat di Jalan Naripan, Kota Bandung.

Hal itu dikatakan Ridwan saat memberi paparan dalam Rapat Evaluasi Satu Tahun Program Citarum Harum di Graha Manggala Siliwangi, Bandung, Selasa (15/1/2019).

"Kantor BPLHD Jabar akan dipindah, gedung kosong itu akan kami dedikasikan untuk Posko Satgas Citarum Harum," ucap pria yang kerap disapa Emil ini.

Baca juga: Luhut: Pemerintah Anggarkan Rp 640 Miliar untuk Revitalisasi Citarum

Emil mengatakan, posko itu akan berfungsi sebagai tempat melahirkan keputusan, koordinasi, dan penyamaan visi program Citarum Harum.

"Rapatnya di situ, ambil keputusannya di situ, tak lagi terpisah dan akhirnya menghasilkan tujuan yang ingin kami capai. Nanti di situ juga ada command center-nya," kata Emil.

Selain itu, kata Emil, Pemprov Jabar tengah mempersiapkan acara Citarum Expo pada bulan Februari 2019.

Baca juga: Kasus Pose Satu Jari Ridwan Kamil, Bantahan hingga Peringatan Bawaslu

Kegiatan itu digelar untuk menyerap seluruh aspirasi dan ide dari seluruh elemen masyarakat terkait program perbaikan Citarum. Acara itu juga jadi momen memperkuat koordinasi antarinstansi.

"Semua kelompok akan didaftar ulang komitmennya. Setelah didaftar ulang, kami paham berapa ribu pasukan kita, speknya seperti apa. Jadi di akhir acara semua orang bawa tugasnya, koordinatnya di mana. Kita perbaiki lagi sehingga tak ada lagi kementerian yang membelanjakan anggarannya tanpa ngobrol," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com