Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamis, Jembatan Musi IV Dioperasikan Selama 2 Hari

Kompas.com - 02/01/2019, 20:30 WIB
Aji YK Putra,
Khairina

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Jembatan Musi IV yang telah selesai dikerjakan akan mulai dioperasikan selama 14 jam penuh dalam sehari dimulai pada Kamis (3/1/2019).

Operasi tersebut dalam rangka  uji coba rekayasa lalu lintas serta persiapan menjelang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat ini. 

Jembatan tersebut diketahui untuk menghubungkan antara wilayah 13 Ulu dan kawasan Kuto, Kecamatan Ilir Timur 1 Palembang, Sumatera Selatan.

Ketika dioperasikan untuk umum nanti, seluruh masyarakat dapat melintas di atas jembatan itu.

Baca juga: Uji Coba Jembatan Musi IV, Truk Muatan Diatas 8 Ton Dilarang Melintas 

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Musi IV Suwarno mengatakan, jadwal uji coba rekayasa lalu lintas akan dimulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB dan berlangsung pada 2 hingga 4 Januari 2019 besok.

"Masyarakat boleh melintas baik dari ilir ataupun ulu. Tujuan rekayasa ini, agar masyarakat tahu saat jembatan ini mulai dioperasikan setelah diresmikan oleh presiden," kata Suwarno.

Operasi uji coba jembatan tersebut akan dijadikan bahan evaluasi jika ditemukan kekurangan. Setelah dua hari, jembatan akan kembali ditutup untuk umum.

"Nanti setelah dua hari dibuka kembali, ditutup, dan akan dibuka lagi setelah diresmikan oleh presiden," ujarnya.

Terpisah, Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Palembang, Agus Supriyanto menerangkan, pada rekayasa lalu lintas nanti, seluruh arus lalu lintas dari Jalan KH Azhari menuju Tangga Takat akan diberlakukan satu arah. Begitu juga dengan Jalan Naga Swidak .

"Nanti untuk memantau kondisi saat rekayasa diberlakukan melibatkan semua instansi mulai dari Satpol PP, Satlantas, Dishub, dan Kecamatan setempat. Kami harap rekayasa ini berjalan lancar tanpa adanya evaluasi," kata dia.

Kompas TV Skuad Sriwijaya FC menggelar latihan terakhir sebelum melakoni laga Derbi Sumatera kontra Persimura Musi Rawas di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang, Jumat (14/12) sore nanti. Menghadapi Persimura nanti, Laskar Wong Kito tidak akan diperkuat Beto Goncalves, Teja Pakualam, Nur Iskandar, dan Marckho Meraudje yang sudah mengajukan izin.<br /> <br /> Pelatih Hartono Ruslan meminta anak asuhnya untuk fokus bermain dan tidak meremehkan lawannya Persimura. Sementara itu, meski harus menghadapi tim sekelas Sriwijaya FC, skuad Persimura memastikan akan tetap tampil menyerang. Bermaterikan pemain lokal, klub kontestan Liga 3 ini yakin mampu merepotkan Sriwijaya dalam pertandingan nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com