Deddy Mizwar Siap Bersaksi dalam Sidang Kasus Suap Meikarta

Kompas.com - 27/12/2018, 07:16 WIB
Mantan Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar seusai diperiksa di Gedung KPK Jakarta, Rabu (12/12/2018). KOMPAS.com/ABBA GABRILLINMantan Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar seusai diperiksa di Gedung KPK Jakarta, Rabu (12/12/2018).

BANDUNG, KOMPAS.com - Mantan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar (Demiz) siap memberi kesaksian dalam kasus suap perizinan proyek Meikarta.

"Ya, enggak apa-apa, siap saja (bersaksi). Tapi belum dapat panggilan," kata Demiz saat dihubungi via telepon seluler, Rabu (26/12/2018).

Ia menegaskan bahwa keterlibatannya dalam proyek Meikarta telah sesuai aturan. Karena itu pula Demiz sempat meminta proyek dihentikan lantaran ada pengajuan lahan yang belum dapat rekomendasi gubernur.

"Ya, memang enggak ada rekomendasi harus dihentikan. Iya simple saja. Aturan tetap aturan," tegasnya.

Dalam surat dakwaan yang dibacakan pekan lalu, jaksa dari KPK sempat menyebut ada aliran dana sebesar 90.000 dolar Singapura yang diberikan oleh terdakwa Henry Jasmen, Fitradjaja Purnama dan Taryudi.

Dana itu diserahkan kepada Yani Firman yang merupakan kepala Seksi Pemanfaatan Ruang pada Bidang Penataan Ruang Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Provinsi Jawa Barat di wisma Jalan Jawa Bandung.

Baca juga: Aher dan Deddy Mizwar Bakal Jadi Saksi Sidang Suap Meikarta

Uang haram itu diberikan untuk mempercepat proses penerbitan Rekomendasi Dengan Catatan (RDC) dari Pemprov Jawa Barat.

Disinggung soal hal itu, Demiz mengaku tidak tahu.

"Enggak tahu. Tanya saja ke orangnya. Enggak apa-apa nanti saja di sidang," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, jaksa dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal menghadirkan mantan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (Aher) dan mantan Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar (Demiz). Keduanya bakal dimintai kesaksian dalam sidang kasus suap perizinan Meikarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X