Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diprotes Warga, DLHK Karawang Kebut Angkut Sampah Siang dan Malam

Kompas.com - 14/12/2018, 05:29 WIB
Farida Farhan,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang mengebut pengangkutan sampah di Jalan Otto Iskandar Dinata, Kampung Sinarmulya, Kelurahan Karawang Wetan, Kecamatan Karawang Timur. Hal ini dilakukan setelah mendapat protes dari warga pada Kamis (13/12/2018) siang.

"Sesudah tertangani dengan dikeroyok (menggunakan truk pengangkut) dari wilayah lain dan menurunkan bechoe loader," kata Kepala DLHK Karawang Wawan Setiawan, Kamis (13/12/2018) malam.

Wawan menyebutkan, pengangkutan sampah yang sempat diprotes warga itu diperkirakan akan rampung esok hari, Jumat (14/12/2018).

"Masih lembur, besok beres," ujar Wawan ketika memberikan konfirmasi kepada Kompas.com pada pukul 22.30 WIB.

Wawan mengungkapkan, terdapat tujuh truk pengangkut sampah untuk wilayah Karawang Timur, namun tiga di antaranya tengah diperbaiki.

"Tiga truk dalam perbaikan turun mesin dan belum selesai, sehingga (sampah di Kampung Sinarmulya) tidak tertangani pengangkutan rutin," katanya.

Baca juga: Kesal Sampah Tak Kunjung Diangkut, Warga Karawang Blokade Jalan

Ke depan, kata Wawan, pihaknya akan melakukan evaluasi agar kejadian serupa tidak terulang.

"Pasti kita akan evaluasi dengan Mitra Yayasan Putra Karawang," katanya.

Sebelumnya, puluhan warga Kampung Sinarmulya, Kelurahan Karawang Wetan, Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang, memblokade Jalan Otto Iskandardinata, Kamis (13/12/2018), lantaran kesal sampah tak kunjung diangkut dan berserakan di bahu hingga tengah jalan.

Aksi protes tersebut dilakukan dengan menaruh sofa, lemari hingga batang pohon di tengah jalan. Warga menyebut sudah sepuluh hari sampah di wilayah tersebut belum diangkut petugas.

Baca juga: Sampah Plastik Kotori Kawasan Tempat Penyu Membangun Sarang di Pantai Trisik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com