Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geramnya Edy Rahmayadi Saat Kopi Asal Sumut Disebut Berasal dari Thailand

Kompas.com - 10/12/2018, 09:00 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gubernur Edy Rahmayadi mengungkapkan kekecewaanya saat mengetahui Kopi Lintong dan Mandailing sempat diklaim berasal dari Thailand.

Kekesalan tersebut berawal saat Gubernur Edy membeli secangkir kopi di Italia. Harga kopinya cukup mahal, namun hal itu tak jadi masalah saat Edy melihat nama kopi yang dipesan adalah Kopi Lintong dan Mandailing.

Saat bertanya dari mana asal kopi tersebut, Edy mendapat jawaban yang membuatnya geram.

"Saya sempat bangga karena ternyata kopi kita terkenal. Tetapi pas saya tanya, mereka (orang Italia) bilang kopinya dari Thailand. Saya jadi bingung, apa ada Mandailing di Thailand?” katanya.

Baca Juga: Tanggapan Sesmenpora Terkait Jawaban Edy Rahmayadi di Mata Najwa

Pengalaman tersebut lalu dibagikan Edy saat menghadiri acara Seminar Keragaman Jenis Kopi di Taman Siba Indah, Hamparan Perak, Deliserdang, pada hari Selasa (4/12/2018) lalu.

Gubernur Sumatera Edy menyoroti kekurangan para pelaku usaha kopi di Indonesia yang kalah "pintar" dengan negara lain.

“Intinya yang mau saya sampaikan adalah, mari kita jujur. Ini seperti persoalan akal mengakali. Karena sekarang yang mendapat keuntungan itu orang luar (asing). Jadi saya titip, tolong yang ini dibahas dalam seminar seperti ini,” kata Edy. 

Edy lalu menjelaskan tentang klaim Thailand terhaddap Kopi Lintong dan Mandailing. Seperti diketahui, dua jenis kopi asal Sumatera itu diekspor ke Thailand hingga 1998. Setelah itu, para pengusaha di Thailand meramu kopi-kopi tersebut dan memasarkannya lagi. 

Baca Juga: Dianggap Tak Paham Bola, Gubernur Edy Tuding Wartawan Biang Keladinya

Edy berharap, dalam seminar tentang kopi juga dibahas bagaimana kopi asli Indonesia tetap dikenal sebagai produk asli Indonesia.

“Jadi kopi kita ini (asal Sumut) bukan soal enak tidak enak, tetapi sudah kelas dunia. Yang bikin kurang itu, ya kita sendiri. Mari manfaatkan sekarang, ajari kami untuk bisa memperbaiki. Persoalan kita bukan kurang seminar, tetapi mental kita yang harus baik. Jadi saya mau aksi, kita galakkan ini,” tambahnya.

Artikel ini sudah ditayangan di medan.tribunnews dengan judul: Edy Rahmayadi Marah Kopi Asal Sumut Diklaim Thailand: 'Saya Mau Aksi, Kita Galakkan Ini'

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com