Kereta Anjlok di Bandung Barat, Perjalanan KA Terhambat dari 15 Menit hingga 4 Jam

Kompas.com - 04/12/2018, 10:11 WIB
Para penumpang keluar dari kereta saat KA Argo Parahyangan jurusan Bandung-Jakarta tertahan di Stasiun Padalarang, Bandung, Kamis (4/12/2018).Dok Glenn Joshua Para penumpang keluar dari kereta saat KA Argo Parahyangan jurusan Bandung-Jakarta tertahan di Stasiun Padalarang, Bandung, Kamis (4/12/2018).

BANDUNG, KOMPAS.com - Insiden anjloknya Kereta Perawatan Jalan Rel (KPJR) di km 153+1/2 di antara Stasiun Cilame-Padalarang, Jawa Barat, Selasa (4/12/2018), membawa dampak untuk sejumlah perjalanan kereta api.

PT Kereta Api Indonesia merilis sejumlah keterlambatan kereta api baik yang masuk atau ke luar dari Stasiun Bandung. Salah satu kereta yang mengalami keterlambatan cukup parah dialami KA Harina 76 rute Surabaya menuju Bandung yang terlambat tiba hingga lebih dari 4 jam.

“Posisi Kereta Harina tertahan di Stasiun Cilame. Harusnya masuk Bandung pukul 04.11 WIB,” ujar Manajer Humas PT KAI Daerah Operasional (Daop) 2 Bandung, Joni Martinus, saat dihubungi melalui ponselnya, Selasa (4/12/2018).

Baca juga: 2 Kereta Perawatan Anjlok, KA Rute Bandung-Jakarta dan Bandung-Surabaya Terganggu

Dua rangkaian kereta lainnnya yang terlambat masuk ke Bandung adalah Argo Parahyangan yang berangkat dari Jakarta pukul 05.00 WIB dan 06.15 WIB.

“Kereta yang berangkat dari Jakarta 05.00 WIB terlambat (masuk Bandung) sekitar satu jam. Yang keberangkatan dari Jakarta 06.15 WIB terlambat sekitar 15 menit karena akumulasi antrean kereta,” tuturnya.

Sementara itu, tercatat ada sejumlah rangkaian kereta api yang berangkat dari Stasiun Bandung juga dipastikan terlambat tiba di Jakarta.

Baca juga: Kereta Perawatan Anjlok di Cilame-Padalarang, Berikut Daftar Kereta yang Alami Keterlambatan

Rangkaian kereta yang pertama adalah KA Argo Parahyangan Tambahan dari Bandung menuju Jakarta dengan jadwal keberangkatan Bandung pukul 04.15 WIB.

Rangkaian kereta ini baru bisa berangkat pukul 07.30 setelah kereta perawatan yang anjlok berhasil dievakuasi.

“Terlambat sekitar 3 jam,” ungkap Joni.

Kemudian KA Argo Parahyangan yang seharusnya berangkat dari Stasiun Bandung pukul 6.30 WIB baru bisa berangkat satu jam setelah kereta Argo Parahyangan jadwal 4.30 WIB berangkat.

“Kereta ini terlambat sekitar satu jam,” ucapnya.

Kereta Argo Parahyangan lain yang terlambat menuju Jakarta adalah adalah rangkaian kereta yang seharusnya berangkat pukul 7.35 WIB.

“Kereta ini berangkat sekitar 15 menit setelah kereta yang sebelumnya,” kata Joni.

Tidak hanya kereta tujuan Jakarta, rangkaian KA Ciremai tujuan Semarang juga mengalami keterlambatan berangkat.

“Kereta Ciremai seharusnya berangkat pukul 06.15 WIB. Terlambatnya sekitar 90 menit,” ungkapnya.



Close Ads X