Utut Adianto Absen di Sidang Tipikor, Ini Alasannya

Kompas.com - 28/11/2018, 14:47 WIB
Sidang kasus suap dan gratifikasi melibatkan Bupati Purbalingga nonaktif Tasdi, Rabu (28/11/2018) KOMPAS.com/NAZAR NURDINSidang kasus suap dan gratifikasi melibatkan Bupati Purbalingga nonaktif Tasdi, Rabu (28/11/2018)

SEMARANG, KOMPAS.com — Wakil Ketua DPR RI Utut Adianto absen dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Semarang, Jawa Tengah, Rabu (28/11/2018).

Utut sedianya dihadirkan jaksa KPK untuk menjadi saksi dalam perkara suap dan gratifikasi yang melibatkan Bupati Purbalingga nonaktif Tasdi. Namun, dia berhalangan hadir.

"Utut ada alasan tugas di luar," ujar Jaksa KPK Roy Riyadi seusai sidang, siang ini.

Dalam sidang hari ini, ada lima saksi yang dijadwalkan hadir, tetapi hanya tiga orang yang dapat hadir.

Ketiga orang itu adalah Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Purbalingga Muhammad Najib, mantan Kepala Bagian Layanan Pengadaan Hadi Iswanto, dan mantan anggota DPRD Purbalingga Nur Said.

Sementara dua lainnya tidak hadir. Utut tugas di luar negeri, sedangkan saksi Kepala Dinas Penanaman Modal Satya Giri berhalangan tetap karena meninggal dunia.

Baca juga: Kasus Suap dan Gratifikasi Bupati Purbalingga, Utut Adianto Akan Diperiksa di Pengadilan

"Untuk saksi yang meninggal sudah dibacakan BAP di persidangan. Sementara Pak Utut akan dipanggil kembali di dalam sidang," tandasnya.

Jaksa menyatakan, Utut telah memberikan pemberitahuan tidak bisa datang mengikuti persidangan. Di dalam keterangan juga disertai adanya penjelasan.

"Penjelasan dari tim ahli ada tugas ke Turki. Nanti dijadwalkan kembali," ujarnya.

Majelis hakim yang dipimpin hakim Antonius Widjantono meminta jaksa menghadirkan Utut pada sidang Rabu (5/12/2018) mendatang.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X