Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Rumah Ludes Terbakar, Warga Sempat Dengar Ledakan

Kompas.com - 11/11/2018, 11:29 WIB
Junaedi,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

MAJENE, KOMPAS.com– Sembilan rumah warga di kawasan permukiman padat penduduk di Lingkungan Garo’go, Kelurahan Baru, Kecamatan Banggae, Majene, Sulawesi Barat, ludes dilalap si jago merah, Minggu (11/11/2018) subuh.

Kebakaran ini terjadi saat sebagian besar warga masih tertidur lelap di rumahnya. Mereka baru terbangun dan panik saat rumah mereka sesudah dilalap api.

Meski ribuan warga turun tangan memadamkan api secra manual, namuan minimnya sumber air di lokasi membuat warga kesulitan menghalau penyebaran api ke rumah lain di sekitarnya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Belum diketahui pasti penyebab terjadi kebakaran hebat ini. Namun sejumlah warga di lokasi menduga, kebakaran diduga dipicu ledakan kompor gas dari salah satu rumah yang terbakar.

Seorang warga mengaku sempat mendengar suara ledakan sebelum api dengan cepat melahap rumah-rumah warga di sekitarnya.

“Sembilan rumah warga habis terbakar. Belum diketahui dari mana sumber api dan penyebab kebakarannya, tetapi ada warga mendengar suara ledakan sebelum kebakaran,” ucap Petugas BPBD Majene Iskandar.

Banyaknya material rumah yang mudah terbakar menyebabkan kobaran api dengan cepat membesar dan merembet ke rumah-rumah lain di sekitarnya yang berdempetan satu sama lain. Warga yang panik juga tak sempat menyelamatkan harta benda mereka.

Api yang membakar sembilan rumah semi permanen ini baru dapat dipadamkan setelah tiga unit mobil pemadam kebakaran diturunkan ke lokasi kebakaran untuk memadamkan api.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com