Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alami Gangguan Jiwa dan Hidup Telantar, Ibu dan Anak Dievakuasi

Kompas.com - 01/11/2018, 21:12 WIB
Iqbal Fahmi,
Khairina

Tim Redaksi

 

PURBALINGGA, KOMPAS.com- Ibu dan anak warga Desa Sumampir, Kecamatan Rembang, Purbalingga dievakuasi oleh Polsek Rembang dan tim medis Puskesmas Rembang.

Keduanya diduga mengalami gangguan jiwa dan hidup terlantar dalam satu rumah.

Kapolsek Rembang Inspektur Satu Sunarto, ketika dihubungi Kamis (1/11/2018) mengatakan, tindakan tersebut dilakukan setelah ada laporan dari perangkat desa setempat terkait kondisi dua warganya tersebut.

Baca juga: 9 Napi Alami Gangguan Jiwa karena Lama Tak Dijenguk Keluarga

Berdasarkan keterangan perangkat desa, kondisi dua warga tersebut sangat memprihatinkan karena tidak ada yang mengurusi. Sedangkan kepala keluarga merantau ke Yogyakarta untuk bekerja.

“Setelah dilakukan koordinasi dengan pemerintahan desa dan pihak terkait, akhirnya diputuskan membawa dua warga tersebut ke rumah sakit jiwa untuk mendapatkan perawatan,” kata Sunarto.

Anggota polisi bersama petugas medis Puskesmas Rembang mendatangi rumah mereka. Selanjutnya, membawa dua warga tersebut ke RSUD Banyumas menggunakan ambulans puskesmas.

“Selain ikut mengevakuasi, kami juga melakukan pengawalan hingga dua warga tersebut sampai di rumah sakit,” kata kapolsek.

Sementara itu, Dedi (46) perangkat desa setempat mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kerja sama seluruh pihak hingga ada solusi terhadap warganya yang mengalami sakit jiwa.

Harapannya, setelah mendapat perawatan medis, dua warga tersebut dapat sembuh dan kembali ke masyarakat.

Kompas TV Saat ini, status Rhendra Hadikurniawan sudah menjadi tersangka karena melanggar Undang-Undang ITE.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com