Fakta Kecelakaan Kapal Feri vs Tanker, Penumpang Terlempar ke Laut hingga Cuaca Buruk

Kompas.com - 12/10/2018, 07:00 WIB
Ilustrasi kecelakaan kapalTOTO SIHONO Ilustrasi kecelakaan kapal

KOMPAS.com - Kapal cepat Ferry MV VOC menabrak kapal tanker di sekitar perairan Anambas pada hari Kamis (11/10/2018).

Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, namun salah sat penumpang kapal Ferry sempat terlempar ke laut dan berhasil diselamatkan.

Inilah sejumlah fakta terkait kecelakaan Kapal Ferry dengan kapal super tangker MT Pasicfic Crown.


1. Kecelakaan disebabkan cuaca buruk

Kondisi Ferri MV Voc Batavia saat mengalami insiden di laut lepas yang menabrak kapal super tangkerDOK BNPP KELAS I TANJUNGPINANG Kondisi Ferri MV Voc Batavia saat mengalami insiden di laut lepas yang menabrak kapal super tangker

Kepala Badan Nasional Pertolongan dan Pencarian (BNPP) Kelas I Tanjungpinang Budi Cahyadi Basarnas membenarkan insiden tersebut.

Budi mengatakan, insiden ini terjadi di laut lepas (alur pelayaran) pada posisi 01°42.885 U -104°42.616 T sekitar pukul 13.18 WIB.

"Kejadiannya di laut lepas dan menabrak kapal super tangker MT Pacific Crown," kata Budi, Kamis (11/10/2018).

Namun, saat sudah mendekati perairan Bintan, cuaca berubah menjadi hujan deras sehingga mengakibatkan jarak pandang minim.

"Jadi kecelakaan ini murni diakibatkan dari buruknya cuaca saat melakukan pelayaran," kata Budi.

Baca Juga: Feri Tabrak Kapal Tangker di Anambas, Begini Kronologinya

2. Satu penumpang terlempar ke laut

Taali penumpangbyang terlempar saat terjadinya tabrakan antara Ferry MV Voc Batavia dengan kapal super tangker MT Pacific Crown di Perairan BintanDOK BNPP KELAS I TANJUNGPINANG Taali penumpangbyang terlempar saat terjadinya tabrakan antara Ferry MV Voc Batavia dengan kapal super tangker MT Pacific Crown di Perairan Bintan

Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut, namun salah satu penumpang bernama Ta'ali terlempar ke laut. Korban segera diselamatkan dengan menggunakan lifeboat.

"Satu penumpang terlempar kelaut atas nama Ta'ali, namun berhasil diselamatkan menggunakan lifeboat," kata Budi. Para penumpang sempat trauma dan ketakutan. 

"Saat ini semua penumpang sudah tiba di Tanjungpinang. Bahkan penumpang yang terlempar langsung dibawa ke rumah sakit terdekat karena juga mengalami luka lecet," ungkap Budi.



Terkini Lainnya


Close Ads X